Kenapa kuota XL Tidak bisa digunakan satu hal yang kerap dilontarkan pelanggan provider XL Axiata, terlebih ketika kuota internet melimpah namun gagal terkoneksi.
Kuota salah satu kebutuhan yang tidak ada habisnya. Banyak cara untuk mendapatkan kuota internet, sebut saja menggunakan WIFI dan membeli paket data yang disediakan provider seluler seperti XL Axiata.
Pada kesempatan ini Teknoin akan mengulas berbagai hal yang menjadi alasan kenapa kuota XL tidak bisa digunakan, ini merupakan kendala yang kerap dikeluhkan pengguna ketika menggunakan voucher dan kartu untuk mendapatkan koneksi internet.
Mengenal XL Axiata
Nama XL Axiata tentu tidak asing lagi di telinga masyarakat karena sudah menjadi salah satu provider terbesar di Indonesia. XL Axiata menjadi salah satu operator yang terfokus pada layanan GSM.
Sebagai salah satu operator terkemuka, XL Axiata menyediakan layanan telekomunikasi termasuk layanan seluler, data dan internet. Dengan kartu XL, pelanggan bisa terhubung dengan cepat dan lancar melalui dukungan jaringan 4G LTE dan 5G.
XL memiliki jaringan yang cukup baik sehingga bisa digunakan untuk mengakses banyak hal, begitu pun dengan kecepatan akses internet. Perusahaan ini juga menyediakan variasi paket internet sesuai kebutuhan pengguna dengan harga yang ramah.
Semua pelanggan kartu XL berpeluang menjadi XL prioritas. Sebutan ini diberikan kepada mereka yang intens menggunakan produk dan menggunakan layanan XL sebagai mana syarat fasilitas VIP diberikan.
Alasan Kenapa kuota XL Tidak Bisa Digunakan
Meskipun XL dikenal sebagai perusahaan seluler yang besar, bukan berarti tidak ada kendala dalam produk dan layanan nya. Ada berbagai macam kendala yang kerap dilontarkan pengguna, satu diantaranya kenapa kuota XL tidak bisa digunakan.
Berbagai macam hal yang mendasari kenapa kuota XL tidak bisa digunakan. Ini erat kaitanya dengan jaringan seluler, kuota yang anda gunakan dan masalah lainya. Mari simak dan temukan permasalahan pada kuota internet kamu.
-
Kartu SIM Belum Terdaftar
Kartu SIM yang belum terdaftar salah satu alasan kenapa kuota XL tidak bisa digunakan. Seperti yang kita ketahui, pemerintah Indonesia mewajibkan masyarakat aktivasi kartu pada layanan operator yang mereka gunakan sebagai bentuk kepemilikan dan pertanggungjawaban.
Menunda aktivasi kartu tentu berdampak pada penggunaan nya, termasuk penggunaan kuota internet. Oleh karena itu, pastikan kartu anda sudah teregistrasi dan tercatat di jaringan XL Axiata.
-
Kartu SIM Tidak Aktif
Kartu SIM bermasalah dan tidak aktif salah satu alasan kenapa kuota XL tidak bisa digunakan. Ini biasanya terjadi karena pelanggan tidak mengisi ulang pulsa dalam jangka waktu tertentu sehingga melewati masa tenggang.
XL menghimbau pelanggannya untuk memeriksa masa aktif dan menambahnya melalui isi ulang pulsa untuk menghindari kartu SIM diblokir dan di nonaktifkan otomatis. Buka MyXL dan lihat masa aktif kartu pada beranda aplikasi atau hubungi *808# melalui perangkat anda.
-
Kuota Belum Diaktivasi
Kenapa kuota XL tidak bisa digunakan? ini bisa terjadi jika kuota belum anda aktivasi. Biasanya, untuk menggunakan paket internet pada ponsel anda wajib mengaktifkan nya terlebih dahulu.
Akivasi kuota internet tergantung pada penyedia layanan komunikasi tersebut, begitu pun dengan XL Axiata. Biasanya tahapan-tahapan aktivasi paket tercantum pada kertas voucher dan kartu. Ikuti tahapan hingga anda menerima notifikasi bahwa paket berhasil dan siap digunakan.
-
Kuota Berlaku untuk Layanan Tertentu
Kuota melimpah namun tidak bisa mengakses internet? Coba periksa kembali layanan dan sisa paket yang kamu miliki. Kuota internet seringkali memiliki pembagian tergantung jenis dan penyedia layanan.
Biasanya pembagian kuota internet mencakup beberapa kategori seperti kuota utama untuk akses umum (browsing), kuota malam, kuota khusus sosial media seperti facebook dan whatsapp, kuota aplikasi tertentu dan kuota berdasarkan lokasi (lokal dan internasional).
Untuk memeriksa jenis kuota aktif anda saat ini cukup mudah, berikut tahapan-tahapan nya:
- Buka menu telepon di HP anda
- Ketik kan kode dial *123# untuk memeriksa sisa kuota XL anda lalu tekan untuk memanggil
- Pilih opsi INFO kemudian pilih kembali info kartu XL-ku
- Disini akan ditampilkan paket internet yang tersedia, jika ingin memeriksa masing-masing sisa kuota masukkan kode perintah sesuai paket tersebut.
- Selesai, sisa paket internet anda akan ditampilkan.
Selain kode dial, anda bisa memeriksa layanan kuota aktif lewat aplikasi MyXL. Caranya sangat mudah, unduh aplikasi MyXL lalu login menggunakan kartu XL anda. Cek kuota XL di halaman utama aplikasi, ketuk detail untuk memeriksa layanan yang aktif.
-
Kesalahan Pada Kuota
Kesalahan pada kuota salah satu alasan kenapa kuota XL tidak bisa digunakan. Biasanya kesalahan ini terjadi karena kelalaian atau kesengajaan menjual kuota internet yang tidak aktif dan kadaluwarsa.
Bukan itu saja, masing-masing kuota internet memiliki batas waktu aktif. Kuota akan hangus dan tidak bisa digunakan setelah masa aktif berlalu. Oleh sebab itu, pastikan anda memeriksa masa aktif secara berkala dan memaksimalkan penggunaan jika kuota akan hangus dalam waktu dekat.
-
Kuota Internet Sudah Habis
Apabila kuota sudah habis, maka anda tidak bisa mengakses internet. Karena itu, anda wajib melakukan pengecekan berkala untuk mengetahui masa aktif dan sisa kuota.
Bagaimana cara cek sisa kuota XL? ini sangat mudah! Berikut tahapan dan platform untuk memeriksa sisa kuota XL anda:
- Unduh dan pasang aplikasi MyXL di perangkat
- Silahkan login menggunakan nomor XL anda
- Periksa kuota internet anda pada halaman utama aplikasi
- Ketuk menu detail untuk memeriksa informasi lengkap.
Selain aplikasi MyXL, kamu bisa memanfaatkan kode dial untuk melihat sisa kuota aktif. Masukkan kode *123# pada menu telepon, lalu pilih opsi INFO > Info Kartu XL ku > Cek kuota > masukkan kode sesuai paket yang akan diperiksa.
-
Kesalahan Teknis
Kesalahan teknis pada perangkat salah satu penyebab kenapa kuota XL tidak bisa digunakan. Masalah teknis pada perangkat bisa disebabkan beberapa hal seperti sistem operasi dan gangguan perangkat lunak yang mengakibatkan bug dan tidak merespon perintah yang diberikan.
Restart salah satu tindakan yang dapat anda lakukan untuk mencoba memperbaiki bug atau masalah perangkat lunak yang mungkin muncul pada ponsel anda. Restart akan memulai ulang semua proses perangkat lunak dan menyegarkan aplikasi.
-
Masalah Jaringan
Sudah menjadi rahasia umum jaringan yang bermasalah salah satu alasan terkuat kenapa kuota XL tidak bisa digunakan. Gangguan atau masalah jaringan internet dipengaruhi cuaca dan tempat anda mengakses internet menggunakan kuota XL.
Meskipun nama XL tercantum sebagai salah satu operator terbesar di Indonesia, namun sedikit banyaknya pengguna masih kesusahan mengakses layanan telekomunikasi ini. Jaringan XL tidak stabil bahkan tidak bisa dimuat di lokasi tertentu yang lemah signal, ini tentu mempengaruhi bisa atau tidaknya kuota digunakan.
Cuaca extrem juga mempengaruhi akses kuota internet, seperti masalah listrik padam dan rusaknya kabel infrastruktur jaringan. Jadi, meskipun saat ini anda mengakses kuota pada lokasi yang strategis, cuaca yang extrem akan mempengaruhi bisa atau tidaknya anda menggunakan kuota XL.
Tips dan Solusi Mengatasi Kuota XL Tidak Bisa Digunakan
Setelah mengetahui faktor-faktor yang mendasari kenapa kuota XL tidak bisa digunakan, Teknoin akan membawa anda melanjutkan pembahasan agar menemukan solusi dan tips mengatasi kuota yang tidak bisa digunakan.
Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika kendala ini terjadi, ini sejalan dengan alasan kenapa kuota xl tidak bisa digunakan sesuai yang sudah kami paparkan. Beberapa diantaranya adalah:
Solusi dan Tips | Deskripsi Singkat |
Periksa sisa kuota | Saat menggunakan kuota XL, pertama-tama anda harus aktivasi voucher maupun kartu. Untuk mengatasi masalah kuota tidak bisa digunakan, periksa sisa kuota secara berkala melalui dial up *123#. |
Periksa kartu yang digunakan | Jika menggunakan voucher untuk menambah kuota, pastikan kartu anda sudah di aktivasi terlebih dahulu. Aktifkan kuota dengan cara menginput kode melalui panduan yang tertera pada fisik voucher dan kartu. |
Cek pemblokiran | Untuk mengetahui kartu anda diblokir atau tidak periksa melalui aplikasi MyXL dan akses kode dial *808#. |
Hubungi layanan pelanggan | Hubungi layanan pelanggan XL 817 (call center), aplikasi MyXL dan live chat di xl.co.id. |
Aktifkan kuota di conter pembelian | Untuk menghindari kendala saat menggunakan kuota XL, aktivasi paket di konter pembelian. Ini akan membantu anda meminimalisir kasus kuota hangus atau kadaluwarsa. |
Akhir Kata
Alasan kenapa kuota XL tidak bisa digunakan sudah anda temukan dalam pembahasan ini. Cukup banyak alasan-alasan yang mendasari seorang pelanggan tidak dapat mengakses internet dengan kuota yang mereka miliki.
Oleh karena itu, pastikan anda memperhatikan berbagai poin tersebut untuk menemukan solusi yang sesuai. Selamat mencoba, semoga ulasan diatas bermanfaat.