Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan

6 Solusi Jika Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan

Gopay paylater tidak bisa digunakan namun sangat membutuhkan dana tersebut. Karena orang menggunakan gopay paylater biasanya karna dalam keadaan mepet namun membutuhkan dana begitu. Jadi kita akan bahas gopay paylater tidak bisa digunakan secara komplit.

Tidak bisa bayar GoPay PayLater menjadi salah satu kendala bagi pengguna dalam membayar cicilannya di aplikasi Gojek. Salah satu alasannya adalah nomor telepon pengguna sudah tak aktif. GoPaylater sendiri adalah metode pembayaran Gojek dengan prinsip cicilan yang dibayarkan tiap bulannya.
Melalui GoPayLater, pengguna dapat membayar tagihan, membeli makanan sampai perlengkapan rumah tangga. Lantas, bagaimana jika pengguna tak bisa bayar GoPay PayLater miliknya? Simak informasinya cara mengatasi gopay paylater tidak bisa digunakan.

Apa Itu gopay Paylater?

Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan
Apa itu gopay paylater__ Sumber: Detikfinence

 

Gopay paylater merupakan salah satu fitur baru yang disajikan oleh aplikasi go-jek. Fitur ini memungkinkan para pengguna akun go-jek bisa menggunakan metode pembayaran paylater atau bayar nanti.

Fitur yang satu ini memang hampir mirip dengan shopee paylater dimana kita melakukan pembayaran secara cicilan. Kita bisa memesan makan ataupun juga naik go-jek namun menggunakan fitur cicilan yang ditawarkan.

Solusi bagi pengguna gopay paylater tidak bisa digunakan berbeda-beda tergantung jenis kendala yang dialami pengguna. Berikut solusi untuk gopay paylater tidak bisa digunakan. Berikut caranya yang bisa dilakukan untuk mengatasi nya.

Penyebab Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan

Hampir sebagian besar merasa bingung ketika fitur Gopay paylater tidak bisa digunakan dan bingung dengan cara mengatasinya. Berikut merupakan beberapa penyebab kenapa bisa terjadi seperti demikian.

Proses aktivasi belum berhasil

Faktor penyebab pertama biasanya memang karena aktivasinya belum berhasil. Artinya Anda belum melakukan proses aktivasi go-pay paylater tersebut. Jadi pastinya ini akan bermasalah juga nantinya.

Koneksi internet bermasalah

Masalah koneksi internet seringkali juga menjadi faktor penyebab lainnya yang membuat akun paylater di aplikasi go-jek tidak bisa digunakan. Maka dari itu Anda disarankan untuk mengecek terlebih dahulu koneksi internet saat ini.

Server go-jek gangguan

Gangguan pada server go-jek juga bisa menjadi faktor penyebab lainnya yang membuat akun paylater go-pay anda tidak bisa digunakan. Jadi pastikan cek Apakah sedang maintenance pihak aplikasi tersebut atau tidak.

Jadi itu adalah beberapa faktor penyebab gopay paylater tidak bisa digunakan. Selanjutnya solusi yang kemudian bisa digunakan tentu sebaiknya mengecek terlebih dahulu Apa penyebab. Jika sudah menjadi tahu penyebabnya, barulah Kemudian Anda mengatasi itu.

Berbeda dengan Gopaylater biasa, GoPaylater cicil ini pelunasan tagihannya bisa dicicil.

GoPaylater Cicil ini bisa digunakan di e-commerce Tokopedia.

Bagi pengguna yang ingin belanja namun bayar dikemudian hari di Tokopedia, bisa menggunakan pembayaran GoPaylater Cicil ini.

Solusi Jika Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan

Setelah kita bahas gopay paylater tidak bisa digunakan kita akan bahas apa saja solusi atau apa tindakan yang harus diperhatikan mengapa bisa gopay paylater tidak bisa digunakan.

1. Tak Bisa Masuk ke Akun GoJek

Bagi pengguna yang tak dapat membayar tagihan GoPayLater karena tak bisa masuk ke akun GoJek yang dimiliki, solusinya ialah membuat nomor Virtual Account BCA melalui situs web Findaya.
Berikut cara membuat nomor Virtual Account BCA melalui situs web Findaya:
  • Kunjungi laman https://app.findaya.co.id/ 
  • Pada halaman utama, pilih ‘Order now & pay by end of month’, lalu masukkan nomor telepon yang terhubung dengan akun GoPayLater.
  • Masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor telepon yang didaftarkan sebelumnya.
  • Lalu, pilih ‘Lanjut’ atau klik tanda ‘→’.
  • Pilih menu ‘GoPayLater’ dan pilih ‘Selengkapnya’.
  • Pilih ‘Bayar’, lalu pilih ‘BCA Virtual Account’ sebagai metode pembayaran.
  • Pilih ‘Make Repayment’. Selesai, pengguna hanya perlu memasukkan nomor Virtual Account di aplikasi BCA Mobile untuk menyelesaikan pembayaran.

2. Nomor Telepon atau Ponsel Pintar Hilang

Bagi pengguna yang nomor telepon atau ponsel pintarnya hilang, solusinya adalah meminta nomor Virtual Account BCA melalui aplikasi GoJek atau mengubah nomor telepon di aplikasi GoJek, berikut caranya:
  • Buka aplikasi Gojek, lalu pilih ikon foto diri yang ada di pojok kanan atas.
  • Pilih menu ‘Bantuan’ dan mintalah nomor Virtual Account ke pihak Gojek.
  • Bagi yang ingin mengganti nomor telepon, klik ‘Hubungi Kami’ di menu ‘Bantuan’.
Cara ini juga berlaku untuk beberapa kendala berikut ini:
  • Sukses membayar melalui Virtual Account, tetapi pembayarannya belum masuk.
  • Tak bisa mengetahui nomor Virtual Account.
  • Nomor Virtual Account salah.
  • Pembayaran terbaca dua kali.
  • Pilihan Virtual Account tak tersedia.

3. Pastikan Aktivasi Gopay Paylater Sudah Berhasil

Cara mengatasi pertama dapat dilakukan tinggal pastikan sudah berhasil mengaktifkan Gopay paylater, jika proses belum disetujui secara otomatis tidak bisa dipakai karena limit memang belum tersedia. Untuk mengetahuinya dapat di lihat pada menu Gopay Paylater, disitu terlihat jelas.

4.  Pastikan Limit Lebih Dari Cukup

Lanjut ke cara mengatasi yang kedua, disini hanya perlu cek limit Gopay Paylater masih ada atau tidak, setelah itu cek nominal yang akan dibeli apakah mencukupi atau tidak. Jika limit masih kurang, maka hal harus dilakukan ialah lunasi tagihan terlebih dahulu untuk mengembalikan limit.

5. Gunakan Koneksi Internet Lancar

Jika sumber masalahnya pada koneksi internet di perangkat HP tidak stabil atau buruk, silahkan pindah lokasi sekiranya koneksi mendukung atau lebih bagus. Sebab sebuah aplikasi di perangkat HP pastinya membutuhkan koneksi internet lancar.

6. Tunggu Sampai Sistem Normal

Berlanjut cara mengatasi terakhir, pemilik akun Gojek cukup menunggu hingga sistem normal kembali karena tidak ada cara apapun dapat dilakukan selain hanya menunggu sampai sistem normal kembali. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba untuk membuka secara rutin siapa tahu sudah berhasil.

Berapa Cicilan Gopay Paylater

Berikut besar cicilan yang disediakan oleh gopay paylater dibawah ini sudah dibuat kedalam bentuk tabel mulai dari pinjaman kecil sampai pinjaman yang besar. Adapun pinjaman yang disediakan yaitu mulai dari 1 jutaan sampai paling besar limitnya 30juta.

Besar Pinjaman Bunga 1 bulan 3 Bulan 6 Bulan 12 Bulan
1.000.000 2% 1.020.000 353,333 186,667 103,333
5.000.000 3,58% 5.179.000 1.845.667 1.012.333 595.667
10.000.000 3,44% 10.344.000 3.677.333 2.010.667 1.177.333
15.000.000 3,33% 15.499.500 5.499.500 2.999.500 1.749.500

 

Kesimpulan

Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan
Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan

Itulah beberapa cara dapat dilakukan ketika fitur paylater Gojek tidak bisa dipakai, hampir kebanyakan orang berhasil menggunakan cara seperti diatas. Apabila cara diatas sudah semua nya dicoba namun tidak berhasil juga. Maka opsi terakhir hubungi pusat bantuan yang bisa di akses lewat aplikasi Gojek langsung.

Sekiranya itu tadi pembahasan dapat disampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi Gopay Paylater tidak bisa digunakan dapat di infokan. Jadi jika suatu saat tidak bisa membuka aplikasi ini kita bisa mengetahui langkah apa yang harus kita lakukan.

Karena tidak banyak masih mengetahui hal ini sehingga jika tidak bisa memamakai gopay payleter ini menjadi bingung. Karena biasanya orang memakai ini dalam keadaan mepert saja.