Cara Menghapus Nomor WA yang Sudah Diblokir

5+ Cara Menghapus Nomor WA Yang Sudah Diblokir Anti Gagal

Tak sedikit orang yang mencari tau bagaimana cara menghapus nomor WA yang sudah diblokir dengan alasan yang berbeda-beda tentunya. Salah satu alasan yang umum ditemui adalah untuk menjaga privasi dan kenyamanan dalam berkomunikasi.

Dalam artikel Teknoin kali ini akan menampilkan langkah-langkah sederhana dalam cara menghapus nomor WA yang sudah diblokir.

Sekilas tentang Fitur Blokir di WA

Sebelum lanjut membahas tentang cara menghapus nomor WA yang sudah diblokir, terlebih dahulu kami akan menjelaskan sekilas mengenai fitur blokir di WA.

Apa itu fitur Blokir di WA?

Fitur Blokir di WhatsApp adalah salah satu fitur WA yang memungkinkan pengguna untuk memutuskan komunikasi dengan orang lain melalui WA. Ketika seseorang memblokir orang lain di WA nya, maka keduanya tidak akan dapat lagi berhubungan baik melalui chat maupun telepon.

Kenapa orang memblokir kontaknya di WA?

Kenapa orang memblokir kontaknya di WA
Sumber: zeebiz.com/ Cara Menghapus Nomor WA yang Sudah Diblokir

Ada beberapa alasan mengapa seseorang memblokir kontaknya di WA, diantaranya adalah sebagai berikut:

Alasan orang memblokir kontaknya di WA Penjelasan singkat
Melindungi privasi Seseorang kadang memilih untuk memblokir kontaknya untuk mencegah seseorang tersebut melihat pembaruan status, foto profil, atau pun informasi lainnya dari WA.
Menghindari pesan yang tidak diinginkan Memblokir kontak di WA dapat menghentikan penerimaan pesan yang tidak diinginkan dari seseorang yang mungkin sering mengirimkan pesan SPAM atau meresahkan.
Menghindari kontak yang tidak di kenal Jika seseorang menerima pesan atau panggilan dari nomor WA yang tidak dikenal, maka demi kenyamanan mereka mungkin akan memblokir nomor tersebut.
Melindungi diri dari bahaya atau ancaman untuk melindungi diri sendiri, seseorang mungkin akan memblokir nomor WA yang dianggap sebagai bahaya atau ancaman.
Perlindungan emosional Terkadang seseorang akan memblokir orang lain yang menyeretnya pada situasi merugikan.
Mengelola konflik atau hubungan yang buruk Ketika hubungan dengan orang lain sedang buruk atau bermasalah, maka pemblokiran kontak merupakan langkah untuk menjaga jarak dan mengelola situasi menjadi lebih baik.

Apakah ada cara lain untuk menjaga privasi di WA selain dari memblokir kontak?

Untuk menjaga privasi di WA tidak selalu harus dilakukan dengan memblokir kontak. Anda bisa memilih opsi lain, seperti mengatur siapa yang dapat melihat foto profil, status, toast online, last seen/ terakhir dilihat, dan berbagai pengaturan privasi lainnya.

Apakah orang yang kita blokir di WA akan tahu?

Dengan alasan untuk menjaga hubungan agar tetap berlanjut atau menghindari perselisihan yang mendalam, sebagian orang kadang menanyakan hal “apakah seseorang yang diblokir di WA akan tahu”

Anda tidak perlu khawatir, karena WhatsApp secara resmi tidak akan memberikan notifikasi khusus kepada pengguna yang diblokir. Jadi memblokir kontak di WA merupakan tindakan yang bersifat pribadi. Tidak akan ada pemberitahuan yang dikirimkan kepada pihak yang diblokir.

Bagaimana caranya kita tahu bahwa kita di blokir di WA?

Cara Mengetahui Kalau Kita Diblokir di WA
Cara Mengetahui Kalau Kita Diblokir di WA

Jika tidak ada notifikasi khusus yang diberikan oleh WA terkait kontak yang memblokir kita, lantas bagaimanakah caranya kita bisa mengetahui bahwa kita telah diblokir oleh seseorang di WA? Jangan khawatir di bawah ini kami akan jelaskan!

  • Foto profil WA kosong

Foto profil orang yang memblokir tidak akan terlihat pada orang yang diblokir, demikian juga sebaliknya. Keduanya tidak akan dapat melihat pembaruan atau perubahan apa pun pada foto profil WA.

  • Pesan yang dikirimkan centang satu

Apabila seseorang telah memblokir anda di WA nya, maka pesan yang anda kirimkan hanya akan centang satu yang menandakan bahwa pesan dapat terkirim ke penerima.

  • Status online tidak terlihat

Seseorang ketika sudah di blokir di WA, maka mereka tidak akan dapat melihat informasi tentang kapan terakhir dilihat atau online. Hal serupa juga akan terjadi pada orang yang memblokir.

  • Panggilan suara tidak dapat terhubung (memanggil terus)

Cara berikutnya untuk mengetahui seseorang telah memblokir kita di WhatsApp yaitu dengan mencoba untuk menghubungi nya lewat panggilan suara Wa. Jika anda benar telah diblokir maka panggilannya tidak akan dapat terhubung atau berdering.

  • Pembaruan story tidak terlihat

Tanda terakhir apabila WA kita diblokir adalah kita tidak akan mendapat pembaruan story dari orang yang memblokir kita tersebut. Jika setelah sekian lama pembaruan statusnya tidak terlihat pada anda padahal sebelum-sebelumnya selalu tampil, maka ada kemungkinan bahwa anda telah diblokir.

Cara Blokir Kontak di WA

Cara Blokir Kontak di WA
Cara Blokir Kontak di WA/ Cara Menghapus Nomor WA yang Sudah Diblokir

Bagaimanakah caranya untuk memblokir kontak di WA? Sangat mudah tentunya! Terdapat dua cara yang boleh anda ikuti untuk memblokir kontak di WA. Dibawah ini kami tampilkan masing-masing dengan langkah-langkahnya:

Cara pertama:

  1. Buka WhatsApp anda
  2. Pada halaman beranda, carilah kontak WA yang ingin anda blokir melalui ikon pencarian yang berada di sebelah kanan atas
  3. Buka kontak yang ingin anda blokir tersebut
  4. Ketuk ikon titik 3 yang berada di pojok kanan atas
  5. Pilih opsi Lainnya
  6. Klik menu Blokir
  7. Konfirmasi pemblokiran kontak
  8. Selesai! Sekarang kontak yang anda blokir tidak akan bisa lagi memanggil atau pun mengirimi anda pesan.

Cara kedua:

  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp anda
  2. Pada papan chat di bagian beranda, carilah kontak yang ingin anda blokir
  3. Ketuk dan tahan lama pada kontak tersebut
  4. Lalu klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas
  5. Pilih opsi Blokir
  6. Konfirmasi untuk memblokir kontak
  7. Selesai! Mulai sekarang baik anda maupun kontak yang anda blokir tidak akan dapat lagi saling memanggil atau pun berkirim pesan.

Cara Membuka Nomor WA yang Sudah Diblokir

Jika anda berubah pikiran sehingga ingin membuka kembali nomor atau kontak WA yang sudah anda blokir, maka anda bisa mengikuti cara membuka nomor WA yang sudah diblokir lewat langkah-langkah seperti dibawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel anda
  2. Buka menu pengaturan (settings) dengan mengetuk ikon titik 3 di pojok kanan atas
  3. Pada beberapa opsi pengaturan yang muncul, pilihlah menu pengaturan “Privasi”
  4. Klik kontak diblokir, maka daftar nomor atau kontak WA yang anda blokir akan ditampilkan
  5. Pilih dan ketuk pada kontak WA terblokir yang ingin anda buka blokiran nya
  6. Klik menu “buka blokir”
  7. Kontak WA yang diblokir akan dibuka kembali dalam beberapa saat.

Cara Menghapus Nomor WA yang Sudah Diblokir

Cara Menghapus Nomor WA yang Sudah Diblokir
Cara Menghapus Nomor WA yang Sudah Diblokir

Bagaimanakah cara menghapus nomor WA yang sudah diblokir? Mudah saja! Anda bisa memperhatikan sejumlah langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp anda
  2. Pada halaman utama WhatsApp, ketuklah ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas
  3. Silahkan tab pada opsi Setelan/ settings
  4. Pilih menu Privasi, lalu gulir kebawah Cari dan kliklah pada menu “Kontak diblokir
  5. Screenshoot/ catatlah nama atau nomor kontak terblokir di WA anda
  6. Sekarang, beralih membuka menu kontak di ponsel anda
  7. Carilah kontak WA yang sudah anda blokir dan ingin anda hapus kontaknya
  8. Ketuk dan tahan beberapa saat pada kontak tersebut hingga muncul beberapa menu
  9. Pilih menu “Hapus” dan konfirmasi penghapusan kontak.
  10. Setelah berhasil terhapus, silahkan anda cek kembali nomor terblokir di WA anda, nomor yang sudah anda hapus tersebut tidak akan terlihat lagi dalam daftar kontak diblokir.

Note: Saat membuka daftar kontak yang diblokir, Pastikan kamu tidak membuka blokiran. Karna jika demikian, kontak yang anda blokir tersebut masih tetap akan bisa menghubungi anda sekalipun nomor nya sudah anda hapus dari daftar kontak di ponsel anda.

Kesimpulan

Cara Menghapus Nomor WA yang Sudah Diblokir
Cara Menghapus Nomor WA yang Sudah Diblokir

Dalam situasi dimana anda ingin membersihkan daftar kontak dan menghapus nomor yang telah diblokir dari akun WhatsApp pemahaman akan cara menghapus nomor WA yang sudah diblokir merupakan hal yang wajib dikuasai. Mengelola daftar blokir WA dapat membantu anda untuk menjaga pengalaman berkomunikasi yang lebih nyaman.