Perbedaan Cushion Dan Foundation

Perbedaan Cushion Dan Foundation Terbaru 2024, Wajib Kamu Tahu!

Cushion dan foundation, sekilas seperti sama namun terdapat perbedaan cushion dan foundation yang mungkin kamu belum ketahui. Ya, cushion dan foundation sudah tidak asing lagi untuk beberapa orang apalagi mereka yang berkecimpung di kecantikan maupun yang hobi make up.

Perbedaan Cushion Dan Foundation
Perbedaan Cushion Dan Foundation

Namun meskipun sudah familiar dengan cushion dan foundation tidak menutup kemungkinan jika mereka belum tahu perbedaan cushion dan foundation terutama mereka yang masih coba make up ataupun mereka yang baru mengenal dunia kosmetik.

Nah untuk itu artikel kali ini mintek hadirkan untuk kamu yang ingin tahu dan bertanya-tanya apa sih perbedaan cushion dan foundation? Disini akan dibahas secara lengkap dan terperinci, jadi simak hingga selesai yaa.

Mengenal Cushion Dan Foundation

Mengenal Cushion Dan Foundation
Mengenal Cushion Dan Foundation

Sebelum ke topik utama ada baiknya kamu mengenal cushion dan foundation terlebih dahulu agar di penjelasan berikutnya kamu lebih mudah mengerti tentang perbedaan cushion dan foundation, langsung saja pada pengenalan cushion dan foundation dibawah ini.

Pengertian Cushion

Gambar Cushion

Cushion adalah salah satu bagian dari peralatan make up yang lebih ringan dan praktis, cushion biasanya digunakan untuk riasan sehari-hari dan touch up karena tidak terlalu menterang dan lebih menyerap ke kulit sehingga tidak ter lihat (terlihat natural) namun flek hitam dan noda hitam lainnya yang di wajah tetap tercoverage atau tertutupi.

Pengertian Foundation

Gambar Foundation

Foundation merupakan salah satu peralatan make up yang bisa dibilang prioritas karena ketika hendak make up ke kondangan ataupun acara maka foundation inilah yang paling sering digunakan atau base make up agar make up lebih menterang dan bedak hold off serta mengcoverage lebih full noda-noda ataupun bekas luka yang ada pada wajah.

Perbedaan Cushion Dan Foundation

Setelah mengetahui dan mengenal cushion dan foundation tentunya perlu untuk kamu tahu meskipun kedua benda tersebut sama-sama peraltan make up tapi masing-masing memiliki perbedaan seperti yang dijelaskan dibawah ini, simak untuk tahu perbedaannya!

Perbedaan Cushion Dan Foundation Dari Segi Formula Dan Tekstur

Jika kamu lihat dari formula maupun tekstur antara cushion dan foundation kamu akan bisa tahu perbedaannya, yaitu dimana tekstur cushion lebih halus dan lembut dibandingkan foundation sehingga membuat cushion lebih mudah untuk diblend dan menyerap pada kulit.

Selain itu, cushion kental creamy dibandingkan dengan foundation yang lebih cair. Cushion mengandung skincare sedangkan foundation beberapa hanya fokus pada fungsinya sebagai alas make up agar bedak terlihat lebih menterang di riasan.

Perbedaan Cushion Dan Foundation Dari Segi shades

Perbedaan antara cushion dan foundation juga bisa kamu lihat dari shade masing-masing produk tersebut, yang dimana cushion tidak memiliki banyak shades jenis kulit hanya ada beberapa seperti shades putih, kuning langsat, sawo matang dan pink tone.

Sedangkan pada foundation kamu akan menemukan berbagai macam pilihan shades yang bisa kamu sesuaikan dengan warna kulit kamu, shades foundation mulai dari kulit gelap hingga putih sekalipun tersedia. Jadi tidak heran jika orang-orang memilih foundation sebagai alas bedak make up mereka.

Perbedaan Cushion Dan Foundation Dari Segi Daya Coverage

Meski sama-sama jadi alas dasar dari bedak atau make up namun cushion dan foundation berbeda dari segi daya coveragenya, dimana cushion cenderung memiliki daya coverage yang medium dan lebih ringan sehingga lebih sering dan lebih cocok digunakan untuk riasan sehari-hari.

Sedangkan foundation memiliki daya coverage yang cukup tinggi sehingga foundation cocok untuk menutupi semua noda maupun bekas-bekas luka pada wajah dan menciptakan riasan yang flawless atau bold. Foundation juga lebih tahan lama sehingga memang sangat cocok digunakan untuk acara outdoor atau diluar ruangan.

Perbedaan Cushion Dan Foundation Dari Segi Cara Pakai

Cushion dan foundation memiliki cara pemakaian yang berbeda juga, yang dimana cushion sudah ada aplikator bawaan yang bisa kamu gunakan untuk mengaplikasikan cushion tersebut disebut dengan puff atau yg lebih dikenal sebagai spoon bedak.

Sedangkan foundation tidak ada aplikator bawaan sehingga kamu harus menggunakan beauty blender, brush, atau menggunakan tangan untuk mengaplikasikan pada keseluruhan wajah, tidak jarang juga dalam pengaplikasian beberapa foundation beauty blender nya harus di basahi dulu agar foundation terblend dengan rata pada kulit.

Perbedaan Cushion Dan Foundation Dari Segi Flexibilitas

Flexibilitas maksudnya adalah lebih mudah dibawa dan lebih simpel, yang dimana cushion lebih simpel untuk dibawa kemana-mana karena ukurannya kecil dan sudah memiliki aplikator sendiri sehingga tidak perlu membawa alat aplikator tambahan seperti kaca, beauty blender atau brush.

Sedang foundation kamu wajib membawa aplikator tambahan seperti kaca, brush maupun beauty blender karena memang tidak disediakan atau tidak memiliki aplikator bawaan, jadi akan menambah sedikit barang bawaan dalam tas jika bepergian.

Perbedaan Cushion Dan Foundation Dari Segi Kemasan

Perbedaan cushion dan foundation yang paling mencolok bisa dilihat dari kemasan atau tampilan nya, dimana tampilan cushion itu bundar, kecil, simpel dan flexibel untuk dibawa kemana-mana tanpa alat tambahan sehingga tidak membutuhkan ruang luas dalam tas karena bisa diselipkan.

Sedangkan foundation lebih besar dari cushion, persegi panjang atau seperti balok dan membutuhkan alat tambahan seperti beauty blender dan brush sehingga membutuhkan sedikit lebih banyak ruang atau tempat dalam tas.

Cara Pemakaian Cushion Dengan Benar

Sampai saat ini masih banyak yang salah dalam cara pemakaian cushion sehingga membuat hasilnya tidak memuaskan, nah untuk kamu yang belum tahu bisa langsung coba cara berikut ini:

Bersihkan Wajah

Sudah menjadi hal umum jika dalam pemakaian produk kosmetik yaitu dengan mencuci wajah terlebih dahulu dengan micelar water atau facial wash yang cocok dengan kulit, setelah melakukan pembersihan wajah aplikasi kan pelembab yang juga cocok dengan kulit kamu agar cushion terblend dengan sempurna.

Gunakan Primer

Setelah membersihkan wajah, gunakan lah primer untuk menciptakan permukaan yang rata dan menyamarkan pori-pori sehingga saat cushion diaplikasikan pada wajah hasilnya akan lebih memuaskan dan wajah terlihat lebih halus dan mulus.

Ambil Cushion Secukupnya

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengambil cushion menggunakan puff yang sudah tersedia dengan cara menekan perlahan pada permukaan cushion hingga cushion yang diinginkan dapat dengan secukupnya.

Ratakan Cushion Dengan Lembut

Aplikasi kan dan ratakan cushion menggunakan puff yang tersedia dengan cara tap tap pada wajah dengan lembut hingga dirasa cushion sudah terblend dengan rata dan sempurna dan menghasilkan hasil memuaskan.

Tambahkan Bedak

Nah, untuk urusan menambah bedak ini tergantung masing-masing individu karena ada beberapa orang yang memang tidak memakai bedak lagi setelah memakai cushion namun banyak juga yang memakai bedak setelah pemakaian cushion, jadi tambahkan bedak sesuai kebutuhan kamu.

Gunakan Setting Spray

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya setting spray, bukan? Ya, setting spray itu biasa digunakan untuk menyatukan semua produk yang kamu pakai mulai dari pelembab, primer, cushion hingga bedak dan mengunci make up agar tahan lama.

Cara Pemakaian Foundation Dengan Benar

Cara pemakaian foundaion merupakan satu hal yang complex yang perlu kamu tahu dan perhatikan, karena salah cara pengaplikasian nya maka akan terlihat buruk pada wajah. Berikut adalah cara pengaplikasian yang benar:

Cara Pemakaian Foundation Menggunakan Sponge Make Up

Cara pemakaian foundation menggunakan sponge make up misalnya beauty blender yaitu dengan merendam nya terlebih dahulu sampai basah kemudian peras airnya agar beauty blender nya menjadi lembab.

Kemudian ambil foundation secukupnya dan ratakan dengan perlahan sambil tap tap pada wajah dengan lembut, jangan menyeret beauty blender ke kulit agar hasilnya maksimal.

Cara Pemakaian Foundation Menggunakan Flat Brush

Cara memakai foundation menggunakan flat brush juga sangat mudah yaitu ambil terlebih dahulu faundation secukupnya kemudian buat gerakan ke arah luar dan bawah wajah.

Gunakan sisi datar brush dengan tap tap sampai garis garis pada wajah tidak terlihat, namun pemakaian foundation menggunakan flat brush ini lebih cocok untuk foundation cair.

Cara Pemakaian Foundation Menggunakan Stippling Brush

Cara pemakaian foundation menggunakan stippling brush ini agak sedikit rumit apalagi jika kamu masih pemula, yaitu dengan cara mengambil foundation secukupnya kemudian aplikasi kan dengan cara membuat gerakan memutar bentuk lingkaran pada wajah.

Jika kamu masih pemula sebaiknya hindarilah pemakaian foundation menggunakan stippling brush ini karena salah mengaplikasikan nya akan terlihat sangat buruk pada wajah.

Cara Pemakaian Foundation Menggunakan Airbrush

Pemakaian foundation menggunakan airbrush ini lebih cocok untuk kamu yang profesional di bidang make seperti MUA dan yang sudah ahli serta terbiasa dalam menggunakannya.

Caranya yaitu seperti menyiramkan foundation pada wajah secara merata dan secukupnya, kamu harus sangat teliti dalam pengaplikasian foundation menggunakan airbrush ini dan harus diingat bahwa tidak semua foundation bisa diaplikasikan dengan airbrush.

Cara Pemakaian Foundation Menggunakan Jari

Cara memakai foundation menggunakan jari merupakan cara yang paling simpel dan mudah dibanding semua cara diatas, yaitu kamu hanya perlu memastikan tangan kamu sudah bersih terlebih dahulu.

Kemudian ambil foundation secukupnya pada punggung tangan dan oleskan secara lembut pada wajah menggunakan jari manis dan tap tap pelan ke arah luar.

Penutup

Perbedaan Cushion Dan Foundation
Perbedaan Cushion Dan Foundation

Perbedaan cushion dan foundation diatas akan membantu kamu untuk menentukan apakah kamu harus menggunakan salah satunya atau kamu juga bisa menggunakan kedua produk tersebut tentunya dengan cara pemakaian dengan benar yang sudah dijelaskan. Semoga artikel tentang perbedaan cushion dan foundation menambah pengetahuan kamu.