Oleh-Oleh Khas Solo Kekinian

25 Oleh-Oleh Khas Solo Kekinian: Murah dan Dijamin Bakal Nagih!

Mencari tau tentang oleh-oleh khas Solo kekinian menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan oleh sobat yang sedang berkunjung ke kota ini dan hendak pulang ke kota asal.

Nah, dalam artikel ini kami akan menunjukkan daftar oleh-oleh khas Solo kekinian yang dapat kamu pilih sesuai selera untuk di nikmati sendiri atau untuk dihadiahkan pada keluarga, kerabat, sahabat, dan orang-orang terdekat anda yang lainnya.

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian

Oleh-oleh pada umumnya terbagi menjadi dua, yaitu oleh-oleh khusus makanan dan ada juga yang dalam bentuk barang. Dibawah ini kami sebutkan berbagai oleh-oleh khas Solo kekinian terpopuler baik dalam bentuk makanan maupun barang.

Oleh-Oleh Khas Makanan Solo Kekinian Oleh-Oleh Khas Solo Kekinian dalam bentuk Barang
Bakpia Balong Souvenir Khas Solo
Abon Mesran Blangkon
Pukis Badran Kaos Khas Solo
Serabi Notosuman Barang-barang Antik
Balung Kethek Batik Solo
Kue Mandarijn Oleh-oleh Khas Solo Kekinian
Emping Melinjo
Klengkam Solo
Ampyang
Solo Pluffy
Intip Solo
Solo Floss Roll
Roti Kecik Ganep
Rambak Petis
Rengginang
Mata Maling
Brem Solo
Solo Prabu
Serundeng
Kremes Ayam Malioboro

Oleh-oleh Khas Makanan Solo Kekinian

Melihat daftarnya saja tentu akan membuat anda kebingungan untuk memilih bukan? Jangan khawatir, berikut ini kami akan menjelaskan masing-masing deskripsi oleh-oleh khas Solo kekinian khusus makanan seperti yang telah kami tunjukkan diatas. Temukan rasa yang khas dalam setiap gigitan yang akan memberikan anda pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

1. Bakpia Balong

oleh-oleh khas Solo kekinian - Bakpia balong
Bakpia balong

Bakpia balong Solo adalah oleh-oleh khas Solo yang memiliki 7 varian rasa yaitu chocolate pie, cheese pie, red bean pie, mung bean pie, chocolate cheese pie, durian pie, dan meat pie.

Mungkin anda sedikit mengetahui bahwa kata Bakpia biasanya identik dengan kota Yogyakarta. Namun jangan salah, kota Surakarta juga memiliki Bakpia dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan Bakpia yang kamu temui di Yogyakarta.

2. Abon Mesran

oleh-oleh khas Solo kekinian - Abon Mesran
Abon Mesran

Abon merupakan salah satu jenis makanan kering berbentuk khas yang dibuat dari daging, direbus, disayat-sayat, dibumbui, lalu di goreng dan dipres.

Solo dengan sejuta keindahannya memiliki oleh-oleh khas yaitu Abon Mesran yang terbagi kedalam dua jenis yaitu Abon dari daging sapi dan ada juga dari ayam. Selain dimakan langsung, oleh-oleh ini juga dapat dijadikan sebagai tambahan lauk pauk saat makan. Jangan tanya, rasanya pasti mantap!

3. Pukis Badran

oleh-oleh khas Solo kekinian - Pukis Badran
Pukis Badran

Pukis Badran juga termasuk sebagai salah satu pilihan oleh-oleh terkenal di kota Solo. Kuliner tradisional yang identik dengan rasa manis ini hadir dengan berbagai varian rasa, mulai dari rasa strawberry, oreo, tiramisu, klepon, mocca nougat, durian, original hingga blueberry.

Selain itu, ada juga salah satu rasa yang unik yaitu rasa daging sapi yang katanya merupakan varian paling banyak digemari oleh konsumen.

4. Serabi Notosuman

oleh-oleh khas Solo kekinian - Serabi Notosuman
Serabi Notosuman

Lanjut ke oleh-oleh khas Solo kekinian yang berikutnya yaitu Serabi Notosuman. Makanan khas Solo yang satu ini hadir dengan bentuknya yang bulat seperti piring dengan sedikit kerang di sekelilingnya.

Serabi Notosuman dibuat hanya dengan menggunakan tepung beras, pandan, gula, santan, garam dan vanilla. Karena menggunakan bahan-bahan alami tanpa pengawet, membuat Serabi ini hanya dapat bertahan selama 24 jam saja. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dengan dua varian rasa yaitu original dan cokelat.

5. Balung Kethek

oleh-oleh khas Solo kekinian - Balung Kethek
Balung Kethek

Untuk anda yang baru mendengarkan nama makanan ini mungkin akan merasa sedikit aneh. Balung kethek sebenarnya dalam istilah lain adalah keripik singkong.

Jadi balung kethek ini merupakan makanan dengan bahan utamanya adalah singkong dipadu dengan beberapa bahan lainnya seperti gula, garam dan bumbu penambah cita rasa. Makanan ini sangat banyak diburu oleh pengunjung Solo atau orang asli Solo yang hendak bepergian ke luar kota.

6. Kue Mandarijn

oleh-oleh khas Solo kekinian - Kue Mandarijn
oleh-oleh khas Solo kekinian – Kue Mandarijn

Kue Mandarijn adalah kue bolu yang mirip seperti bolu lapis yang memiliki 2 warna yaitu coklat dan kuning. Teksturnya yang basah terasa lembut dan sangat enak di mulut. Varian roti Mandarijn bermacam-macam mulai dari yang biasa, Mandarijn kismis dan ada juga Mandarijn spesial.

7. Emping Melinjo

oleh-oleh khas Solo kekinian - Emping Melinjo
Emping Melinjo

Seperti namanya, Emping Melinjo merupakan sejenis camilan atau makanan ringan berupa kerupuk yang terbuat dari biji melinjo. Beberapa orang mengatakan bahwa Emping memiliki rasa sedikit pahit, namun gurih dan terasa khas.

Emping Melinjo ini tersedia di pasaran dalam berbagai varian rasa, seperti original/ biasa, asin, pedas dan manis. Kamu bisa pilih sesuai selera kamu atau orang yang akan kamu hadiahkan oleh-oleh tersebut.

8. Klengkam Solo

oleh-oleh khas Solo kekinian - Klengkam Solo
Klengkam Solo

Klengkam Solo atau yang biasa dikenal dengan kering kentang adalah olahan kentang yang diiris tipis, kemudian dipadu dengan rempah yang memiliki cita rasa pedas manis, sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan dan bisa juga untuk lauk.

9. Ampyang

oleh-oleh khas Solo kekinian - Ampyang
oleh-oleh khas Solo kekinian – Ampyang

Oleh-oleh khas Solo kekinian untuk jenis makanan yang berikutnya adalah Ampyang. Makanan Ampyang ini merupakan makanan khas solo yang terbuat dari perpaduan gula jawa dan kacang yang membuat rasanya jadi manis dan gurih, dengan tambahan rasa jahe untuk penguat rasanya.

10. Solo Pluffy

oleh-oleh khas Solo kekinian - Solo Pluffy
Solo Pluffy

Solo Pluffy adalah sebuah cake yang sangat halus dan lembut memberikan cita rasa yang khas dan nikmat di lidah. Terutama untuk sobat yang fans dengan salah satu aktris Jessica Mila wajib bangat dong cobain makanan ini, karena Solo Pluffy merupakan brand kue yang dikelola oleh Jessica Mila.

Kue bolu Solo Pluffy ini hadir dengan 7 varian rasa, yakni choco crunchy, green tea, keju, original, blueberry, red velvet dan double choco. Harganya cukup bersahabat, only Rp48.000 hingga Rp58.000 saja.

11. Intip Solo

oleh-oleh khas Solo kekinian - Intip Solo
Intip Solo

Ada juga oleh-oleh khas Solo kekinian yang bernama Intip Solo (dalam bahasa Jawa merupakan sebutan untuk kerak nasi). Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dengan mengumpulkan kerak nasi yang melekat pada panci terlebih dahulu. Oleh karena itu, bisa dibilang proses pembuatan Intip Solo cukup rumit guys, tapi rasanya sulit terlupakan!

12. Solo Floss Roll

oleh-oleh khas Solo kekinian - Solo Floss Roll
Solo Floss Roll

Oleh-oleh Solo Floss Roll yang di kelola oleh seorang pebisnis kuliner sukses, Rochmat Purwanto merupakan kombinasi antara abon dibalut dengan roti lembut, kemudian digulung dan dipotong menjadi beberapa bagian.

Dengan kata lain, Solo Floss Roll ini merupakan roti abon gulung khas Solo. Terdapat 3 varian dari Solo Floss Roll ini, yakni abon gulung sapi rasa pedas, abon gulung sapi rasa original, dan abon ayam original.

13. Roti Kecik Ganep

oleh-oleh khas Solo kekinian - Roti Kecik Ganep
Roti Kecik Ganep

Roti kecik ganep dibuat dengan berbahan dasar tepung beras ketan dengan campuran telur dan gula pasir. Tekstur roti ini renyah dan garing berwarna cokelat serta cukup manis.

Dinamakan roti kecik ganep, karena roti ini pertama kali dibuat dan dijual oleh toko roti Ganep di Solo. Roti ini dibuat tanpa menggunakan pengawet, namun dapat bertahan hingga satu tahun.

14. Rambak Petis

oleh-oleh khas Solo kekinian - rambak Petis
oleh-oleh khas Solo kekinian – rambak Petis

Selanjutnya adalah rambak petis, makanan khas Solo yang dibuat dari kulit sapi atau kerbau yang digoreng kering. Makanan ini biasanya disajikan dengan saus dan kecap manis. Makanan ini cukup digemari oleh masyarakat setempat maupun pengunjung Solo.

15. Rengginang

oleh-oleh khas Solo kekinian - Rengginang
Rengginang

Rengginang merupakan sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan yang dibentuk bulat dan dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari, lalu digoreng dalam minyak panas. Teksturnya membuat setiap gigitannya terasa renyak dan kriuk. Makanan tradisional Solo ini biasanya bisa kamu dapatkan dengan harga yang tergolong murah.

16. Mata Maling

oleh-oleh khas Solo kekinian - Mata Maling
oleh-oleh khas Solo kekinian – Mata Maling

Mata maling sebagai salah satu oleh-oleh khas Solo merupakan camilan yang berasal dari kulit melinjo berwarna merah dengan sensasi rasa pedas manis. Nama makanannya yang sangat unik kerap mengundang rasa penasaran banyak orang, termasuk anda mungkin salah satunya.

17. Brem Solo

oleh-oleh khas Solo kekinian - Brem Solo
Brem Solo

Lalu yang berikutnya adalah Brem Solo. makanan ini berasal dari ketan yang dimasak dan dikeringkan. Prosesnya dilakukan melalui fermentasi yang mana hanya sarinya saja yang diambil dan kemudian diendapkan. Brem Solo memiliki rasa yang aga manis, dingin, dan lumer di mulut.

18. Solo Prabu

oleh-oleh khas Solo kekinian - Solo Prabu
oleh-oleh khas Solo kekinian – Solo Prabu

Solo Prabu merupakan kue berbentuk bulat, ada pastri dibagian atasnya dan soft cake dibagian bawahnya, yang hadir dengan berbagai varian rasa, seperti: chocolate, keju, green tea, blueberry, dan yang lainnya.

19. Serundeng

oleh-oleh khas Solo kekinian - Serundeng
Serundeng

Pernah dengar nama oleh-oleh ini? Serundeng merupakan makanan khas Solo yang dibuat dari parutan kelapa yang digoreng hingga kuning kecoklatan dengan bumbu seperti merica, cabai, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, gula, asam jawa, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Makanan ini kerap dijadikan sebagai lauk pauk.

20. Kremes Ayam Malioboro

oleh-oleh khas Solo kekinian - Kremes Ayam Malioboro
Kremes Ayam Malioboro

Rekomendasi oleh-oleh khas makanan dari Solo yang terakhir adalah kremes Ayam Malioboro. Makanan ini dibuat dari rebusan ayam kampung dan resep tradisional Solo dengan menggunakan racikan bahan-bahan pilihan terbaik, yang kemudian digoreng dengan teknik penggorengan yang sempurna.

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian bentuk barang

Ingin mendapatkan juga oleh-oleh khas Solo kekinian dalam bentuk barang? Tenang, berikut kami tunjukkan beberapa rekomendasinya.

1. Souvenir Khas Solo

Pilihan oleh-oleh non-makanan yang pertama kamu bisa coba mencari souvenir khas Solo, seperti misalnya gantungan kunci, gelang dan kalung, atau hiasan-hiasan khas Solo.

2. Blangkon

Apabila orang yang akan kamu hadiahi oleh-oleh adalah pria, maka Blangkon mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok kamu pertimbangkan.

Blangkon Solo merupakan salah satu aksesori yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang digunakan sebagai pelindung kepala dari sinar matahari. Blangkon ini juga digunakan sebagai pelengkap busana tradisional orang Jawa di kota Solo.

3. Kaos Khas Solo

Kaos khas Solo juga dapat kamu pertimbangkan sebagai oleh-oleh yang akan kamu bagikan ke orang-orang terdekat kamu. Ada bermacam-macam motif yang dapat kamu temukan dan pilih di pasar tradisional Solo.

4. Barang-barang Antik

Oleh-oleh khas Solo dalam bentuk barang yang berikutnya adalah barang-barang antik, misalnya adalah seperti piring antik, patung wayang, lampun gantung yang indah, topeng-topeng khas Solo, dan lain sebagainya.

5. Batik Solo

Rekomendasi terakhir oleh-oleh khas Solo adalah batik Solo. Kota solo dikenal sebagai penghasil kain batik terbesar di Indonesia, dengan ciri khas berupa motif dan warna yang membedakan dengan kain batik dari daerah lain. Batik Solo identik dengan warna putih kecoklatan atau krem, coklat dan warna gelap lainnya.

Cara Menemukan Oleh_oleh Khas Solo Kekinian

Setelah membagikan beberapa macam oleh-oleh khas Solo kekinian, selanjutnya kami akan memberi tau anda tentang bagaimana cara menemukan oleh-oleh khas Solo kekinian dengan mudah.

Terdapat 2 cara yang dapat kamu coba untuk mendapatkan oleh-oleh khas Solo kekinian, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi Outlet secara langsung

Cara yang pertama yaitu dengan mendatangi outlet atau toko oleh-olehnya secara langsung. Kamu bisa menggunakan bantuan google search ataupun google maps yang dapat memudahkan kamu untuk menemukan outlet terdekat ke lokasi kamu berada saat ini.

2. Order via

Kemudian cara yang kedua yaitu dengan mengorder via online. Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan pembelian makanan secara online, diantaranya seperti: Shopee food, Grab food, GoFood, dan yang lainnya.

Ini merupakan cara yang lebih direkomendasikan, karena selain mudah dan praktis karena anda tidak perlu harus pergi keluar rumah, kerap  tersedia juga banyak potongan promo dan diskon. Namun sayangnya kamu juga akan dibebani dengan biaya pengantaran, parkir dan juga biaya pemesanan.

Kata Penutup

Oleh-Oleh Khas Solo Kekinian
Oleh-Oleh Khas Solo Kekinian

Itulah daftar oleh-oleh khas Solo kekinian yang dijamin akan membuat keluarga atau teman yang anda hadiahi oleh-oleh tersebut merasa senang dan suka. Semoga ulasan kami dalam artikel ini dapat membantu para sahabat semuanya, terimakasih.