Apakah Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game? Simak Penjelasannya !

Banyak yang bertanya apakah chipset snapdragon 680 bagus untuk game, terutama mereka yang mungkin baru mengenal snapdragon atau mereka yang baru ingin terjun dalam dunia game. Nah, tidak perlu khawatir, Mintek akan jawab pertanyaan apakah chipset snapdragon 680 bagus untuk game dalam artikel kali ini.

[su_box title=”HP Chipset Snapdragon 680 Termurah” box_color=”#0ea26c” radius=”4″]

[/su_box]

Mengenal Chipset Snapdragon 680

Chipset adalah sekumpulan sirkuit terintegrasi yang dirancang khusus untuk mengontrol fungsi dasar dalam sebuah perangkat elektronik. Ini adalah komponen utama dalam sistem komputer atau perangkat mobile dan bertanggung jawab untuk mengoordinasikan berbagai fungsi perangkat keras yang ada di dalamnya.

Dalam industri teknologi, produsen chipset terkemuka termasuk Qualcomm, MediaTek, Apple (dengan chipset A-series), dan Samsung (dengan chipset Exynos), di antara lain. Chipset mereka sering menjadi bagian penting dalam menentukan pengalaman pengguna dari suatu perangkat, contohnya seperti Chipset Snapdragon 680.

Snapdragon 680

Chipset Snapdragon 680 merupakan prosesor seluler 4G kelas menengah dari Qualcomm yang diluncurkan pada Januari 2022. Performanya setara dengan MediaTek Dimensity 800U, dan skor Antutu-nya lebih lemah dibandingkan skor Antutu MediaTek Helio G99. Skor 680 adalah sekitar 270k.

Ini dibangun pada proses 6nm dan arsitektur CPU Kryo 265, dan dilengkapi CPU octa-core dengan kecepatan clock maksimum 2,4GHz. GPU-nya adalah Adreno 610, yang juga merupakan GPU seluler kelas menengah yang mendukung hingga 90fps pada layar FHD+.

Chipset Snapdragon 680 dapat menangani sebagian besar game Android populer pada pengaturan menengah hingga tinggi. Dan juga dapat menangani beberapa game yang menuntut pada pengaturan rendah.

Namun, juga tidak cukup kuat untuk menjalankan game yang paling menuntut seperti Genshin Impact atau PUBG Mobile pada pengaturan tinggi. Chipset Snapdragon 680 dirancang untuk bermain game, dan dapat menangani sebagian besar game seluler populer pada pengaturan sedang hingga tinggi.

Jenis Game Yang Bisa Dimainkan Oleh Snapdragon 680 Pada Pengaturan Sedang

Berikut daftar beberapa game yang bisa dimainkan oleh Snapdragon 680 pada pengaturan sedang:

  1. Call of Duty: Seluler: 59 fps (pengaturan sedang)
  2. Fortnite: 40 fps (pengaturan rendah)
  3. Shadowgun Legends: 60 fps (pengaturan sedang)

Jenis Game Yang Bisa Dimainkan Oleh Snapdragon 680 Pada Pengaturan Tinggi

Berikut daftar beberapa game yang bisa dimainkan oleh Snapdragon 680 pada pengaturan tinggi:

  1. World of Tanks Blitz: 50 fps (pengaturan tinggi)
  2. Brawl Stars: 60 fps (pengaturan tinggi)
  3. Among Us: 60 fps (pengaturan tinggi)
  4. Minecraft: 60 fps (pengaturan tinggi)
  5. Roblox: 60 fps (pengaturan tinggi)
  6. Candy Crush Saga: 60 fps (pengaturan tinggi)
  7. Clash of Clans: 60 fps (pengaturan tinggi)

Chipset Snapdragon 680 ini bisa terbilang masih baru diluncurkan sehingga jika masih banyak yang belum tahu maka itu hal wajar. Chipset Snapdragon 680 mungkin menawarkan tingkat kinerja dan fitur yang sesuai dengan posisinya dalam jajaran produk Qualcomm.

Apakah Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game?

Apakah Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game
Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game

Jika kamu bertanya apakah Chipset Snapdragon 680 bagus untuk game? Jawabannya adalah Ya, bagus untuk game. Karena memang Chipset Snapdragon 680 dirancang khusus untuk mengontrol fungsi dasar dalam sebuah perangkat mobile seperti smartphone, tablet dan komputer/Laptop.

Chipset Snapdragon 680 adalah pilihan yang baik bagi para gamer yang mencari ponsel kelas menengah yang dapat menangani sebagian besar game seluler populer. Berikut beberapa detail tambahan tentang Snapdragon 680 yang mungkin relevan bagi para gamer:

  1. Apakah chipset snapdragon 680 bagus untuk game? Ya, karena Chipset Snapdragon 680 mendukung RAM LPDDR4x yang dapat membantu meningkatkan performa gaming.
  2. Apakah chipset snapdragon 680 bagus untuk game? Ya, karena Chipset Snapdragon 680 juga mendukung penyimpanan UFS 2.2, yang dapat membantu mengurangi waktu pemuatan game.
  3. Apakah chipset snapdragon 680 bagus untuk game? Ya, karena Chipset Snapdragon 680 mencakup sejumlah fitur yang dirancang untuk meningkatkan kinerja gaming, seperti Game Jank Reducer dan Q-Sync.

Chipset Snapdragon 680 ini merupakan prosessor baru yang cukup bagus untuk game, dan akan jadi pilihan bagus bagi mereka yang mencari keseimbangan antara harga dan kinerja.

Kelebihan Dan Kekurangan Chipset Snapdragon 680

Setelah mengetahui jawaban dari pertanyaan apakah Chipset Snapdragon 680 bagus untuk game, kamu harus tahu kelebihan dan kekurangannya juga. Sama seperti chipset lain, Chipset Snapdragon 680 ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang wajib kamu tahu. Berikut penjelasannya:

Kelebihan Chipset Snapdragon 680

Berikut adalah beberapa kelebihan dari Chipset Snapdragon 680:

Hemat Daya Dan Lebih Bertenaga

Chipset Snapdragon 680 memiliki kemampuan processing lebih tinggi, tapi tetap mengedepankan energi efisiensi yang memberikan daya tahan baterai lebih lama saat digunakan dalam berbagai kegiatan seperti main game tanpa harus khawatir akan lag atau kehabisan baterai dengan cepat.

Prosesor Andalan Smartphone Kelas Menengah

Chipset Snapdragon 680 merupakan prosesor andalan di kelas menengah yang punya spesifikasi yang menjanjikan untuk kelas low-end. Smartphone harga Rp1 jutaan maupun ponsel dengan harga di atasnya pun telah mengusung prosesor ini dengan perpaduan teknologi yang lebih canggih.

Mampu Mengoptimalkan Resolusi Layar

Chipset Snapdragon 680 memiliki support terhadap resolusi layar beresolusi tinggi dan refresh rate yang tinggi hingga 90Hz, sehingga gambar yang ditampilkan menjadi lebih optimal. Chipset Snapdragon 680 dapat mendukung layar dengan resolusi minimal HD+ hingga maksimal Full HD+. Kedalaman warna yang didukungnya mencapai 10-bit, dengan tingkat Color Gamut hingga 12-bit.

Meningkatkan Kualitas Kamera

Chipset Snapdragon 680 telah mengalami peningkatan dari segi pemrosesan gambar dan mengusung ISP (Image Signal Processor) berupa Spectra 346, sehingga mampu memproses gambar hingga tiga kamera secara bersamaan, dan NPU Hexagon 686, yang mampu mendukung resolusi kamera utama.

Andalan Dalam Bermain Game

Chipset Snapdragon 680 dapat menangani sebagian besar game seluler populer pada pengaturan sedang hingga tinggi dan juga dapat menangani beberapa game yang menuntut pada pengaturan yang lebih rendah.

Kekurangan Chipset Snapdragon 680

Berikut adalah beberapa kekurangan dari Chipset Snapdragon 680:

Terbatasnya Perekam Video

Chipset Snapdragon 680 merupakan prosessor terbaik dikelasnya namun meskipun demikian Chipset Snapdragon 680 memiliki kekurangan seperti terbatasnya perekaman untuk videp yang dimana batasan perekaman videonya hanya sampai di resolusi 1080p saja.

Bukan Prosessor Terbaik Di Pasaran

Seperti yang sudah dijelaskan dilist pertama bahwa Chipset Snapdragon 680 memang merupakan yang terbaik dikelasnya namun Chipset Snapdragon 680 bukanlah prosessor terbaik dipasaran atau dengan kata lain masih ada yang lebih baik.

Jenis Hp Android Dengan Chipset Snapdragon 680

Jika pertanyaan kamu tentang apakah chipset snapdragon 680 bagus untuk game sudah terjawab maka langsung saja, berikut ini adalah beberapa jenis Hp android dengan Chipset Snapdragon 680:

Vivo Y35

Spesifikasi Detail
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM/ROM 8 GB / 128 GB
Kamera  50 MP (wide)2 MP (macro)2 MP (depth)

Vivo Y36

Spesifikasi Detail
Layar IPS LCD 6.64 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM/ROM 8 GB / 256 GB
Kamera 50 MP (wide)2 MP (depth)

Redmi 10C

Spesifikasi Detail
Layar IPS LCD 6.71 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM/ROM 4 GB / 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide)2 MP (depth)

Samsung Galaxy A05s

Spesifikasi Detail
Layar PLS LCD 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM/ROM 6 GB / 128 GB
Kamera 50 MP (wide)2 MP (macro)2 MP (depth)

Spesifikasi Detail
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM/ROM 6 GB, 8 GB / 128 GB
Kamera 108 MP (wide)8 MP (ultrawide)2 MP (macro)

Penutup

Apakah Chipset Snapdragon 680 Bagus Untuk Game
Chipset Snapdragon 680

Demikianlah artikel tentang apakah chipset snapdragon 680 bagus untuk game kali ini, semoga semua penjelasan tentang chipset snapdragon 680 dapat menambah pengetahuan kamu dan menjawab pertanyaan kamu apakah chipset snapdragon 680 bagus untuk game tersebut.