Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN

7 Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Dari Alamat Rumah: Mudah & Praktis!

Cara mengetahui ID pelanggan PLN merupakan langkah penting untuk dapat mengelola dan memantau penggunaan listrik dengan baik. Dengan mengetahui ID pelanggan, proses administrasi terkait layanan listrik bisa menjadi lebih mudah dan efisien.

Namun, masih banyak pengguna yang bingung dengan cara mengetahui ID pelanggan PLN. Padahal ada banyak metode atau cara yang dapat dilakukan, termasuk salah satunya adalah melalui alamat rumah. Bagaimanakah cara mengetahui ID pelanggan PLN dari alamat rumah? Temukan langkahnya disini!

Sekilas Mengenai ID Pelanggan PLN?

ID Pelanggan PLN
ID Pelanggan PLN

ID pelanggan PLN adalah nomor identifikasi unik, biasanya terdiri dari 11 hingga 12 digit angka, yang diberikan oleh PLN kepada setiap pelanggan atau pengguna layanan listrik mereka.

Nomor pada ID pelanggan ini digunakan oleh PLN untuk melacak penggunaan listrik, pemeliharaan jaringan dan administrasi lainnya.

ID pelanggan digunakan untuk berbagai keperluan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tagihan listrik – ID pelanggan PLN digunakan untuk mencatat tagihan listrik bulanan pelanggan.
  • Pembayaran listrik – Saat akan membayar tagihan listrik, pelanggan akan diminta untuk memasukkan ID pelanggan untuk memperoses pembayaran.
  • Layanan pelanggan – Jika anda menghubungi layanan pelanggan PLN untuk melaporkan suatu masalah atau mencari informasi, maka anda akan diminta untuk memasukkan ID pelanggan.
  • Pengajuan layanan –  ID pelanggan juga diperlukan saat pengguna mengajukan layanan baru, seperti perubahan daya listrik, pemasangan meteran baru, atau keperluan lainnya.

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN

Ada beberapa cara mengetahui ID pelanggan PLN yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Lewat Struk Tagihan & Pembayaran

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN 
Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN

ID pelanggan biasanya tercantum di struk pembayaran tagihan listrik yang anda terima dari minimarket, kantor PLN, atau di struk pembayaran digital, dengan letaknya yang tepat berada di bagian atas atau di area informasi pelanggan.

Oleh karena itu, cara mengetahui ID pelanggan PLN yang pertama dapat kamu lakukan dengan melihat struk tagihan dan pembayaran listrik anda pada bulan sebelumnya, baik fisik maupun digital.

  • Melalui Meteran listrik

Beberapa meteran listrik ada juga yang langsung mencantumkan ID pelanggan PLN pada layar digital atau di stiker yang ditempelkan pada meteran.

Anda bisa mengecek sendiri fisik meteran listrik anda, apakah disana ada tercantum ID pelanggan yang terdiri dari 11 hingga 12 digit angka.

  • Via Aplikasi PLN Mobile

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN 
Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN

Terkhusus untuk cara yang ketiga ini akan berhasil apabila sebelumnya pelanggan telah mengaitkan/ mendaftarkan akun PLN nya dengan aplikasi.

Adapun langkah-langkah dalam cara mengetahui ID pelanggan PLN lewat aplikasi PLN Mobile adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan dalam perangkat anda telah terpasang aplikasi PLN Mobile.
  2. Jika belum, maka anda bisa coba mendownloadnya terlebih dahulu melalui penyedia aplikasi di ponsel kamu.
  3. Setelah berhasil terinstal, sekarang bukalah aplikasinya.
  4. Untuk pengguna baru perlu mendaftar akun terlebih dahulu. Disini anda akan diminta untuk memasukkan informasi pelanggan PLN, termasuk ID pelanggan.
  5. Setelah berhasil masuk, anda bisa melihat ID pelanggan PLN pada bagian menu informasi pelanggan.

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Dari Alamat Rumah

Beberapa cara mengetahui ID pelanggan PLN seperti yang telah kami jelaskan diatas akan dapat berhasil jika anda memiliki akses ke tagihan listrik rumah tersebut.

Namun bagaimanakah jika anda bukanlah pemilik rumah yang asli atau baru saja pindah? Jangan khawatir! Berikut kami tunjukkan beberapa cara mengetahui ID pelanggan PLN dari alamat rumah.

Hubungi Customer Service PLN

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Dari Alamat Rumah
Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN Dari Alamat Rumah

Cara mengetahui ID pelanggan PLN dari alamat rumah yang pertama bisa anda lakukan dengan mudah yakni dengan menghubungi bagian Customer Service PLN. Anda bisa menghubungi PLN dengan mudah dan cepat via telepon di nomor layanan PLN yaitu (nomor area/ daerah anda tinggal) 123. Misalnya jika anda tinggal di Medan maka (061) 123.

Berikut langkah-langkah dalam cara mengetahui ID pelanggan PLN dari alamat rumah dengan menghubungi CS PLN:

  1. Hubungi pihak layanan pelanggan PLN melalui nomor 123.
  2. Agar panggilan dapat tersambung, pastikan pulsa anda mencukupi.
  3. Setelah panggilan terhubung, sampaikanlah tujuan anda terkait ingin mengetahui ID pelanggan PLN.
  4. Petugas akan meminta informasi seperti nama pelanggan PLN dan alamat rumah.
  5. Pastikan anda menjawab dengan informasi yang benar, lalu ikuti intruksi selanjutnya sesuai arahan CS.
  6. Customer Service akan menginformasikan apabila ID pelanggan PLN anda telah berhasil ditemukan.
  7. Jangan lupa catat ID pelanggan yang telah diberikan oleh CS, agar kedepannya anda tidak kesulitan lagi untuk berbagai keperluan yang membutuhkan ID pelanggan PLN.

Datangi Cabang PLN Terdekat

Jika langkah diatas tidak berhasil, maka kamu bisa coba cara mengetahui ID pelanggan PLN dari alamat rumah yang selanjutnya yaitu dengan mendatangi langsung kantor cabang PLN terdekat. Panduannya bisa anda perhatikan pada langkah-langkah dibawah ini:

  1. Silahkan kunjungi kantor cabang PLN terdekat.
  2. Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps atau Google Search untuk menemukan kantor cabang PLN disekitar tempat tinggal kamu.
  3. Setelah berada di lokasi, sampaikanlah pada petugas tujuan anda ingin mencari tau ID pelanggan PLN rumah anda.
  4. Berikan nama pelanggan dan alamat rumah yang lengkap dan benar.
  5. Tunggu dalam beberapa saat, petugas akan memproses permintaan anda.
  6. Setelah berhasil ditemukan, petugas akan memberikan informasi ID pelanggan PLN sesuai dengan nama pelanggan dan alamat rumah yang anda berikan tadi.
  7. Selesai. Catat dan simpan ID pelanggan PLN anda dengan baik.

Hubungi Pemilik Meteran Listrik Sebelumnya

Jika anda bukan pemilik asli atau baru saja pindah ke rumah tersebut, maka cobalah hubungi pemilik atau penghuni rumah sebelumnya untuk mendapatkan ID pelanggan.

Di era teknologi sekarang ini, ada banyak metode atau cara yang bisa anda gunakan untuk menghubungi orang lain, seperti lewat sosmed, WA, telepon seluler, atau yang lainnya.

Akhir Kata

Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN
Cara Mengetahui ID Pelanggan PLN

Itulah beberapa cara mengetahui ID pelanggan PLN dari alamat rumah yang bisa anda coba. Setelah mengetahui ID pelanggan PLN, sekarang anda bisa melakukan berbagai keperluan administratif dengan lebih mudah.

Pastikan setelah mengetahui ID pelanggan PLN, anda mencatat dan menyimpannya untuk kemudahan akses di masa depan.