5 Cara Membuat Tabel di Word

Tabel adalah salah satu bagian yang penting dalam berbagi jenis tulisan contohnya  laporan. Aplikasi Microsoft Word sendiri telah menyajikan tool yang dapat dipakai untuk membuat tabel dengan mudah dan cepat.

Macam-Macam Cara Membuat Tabel di Word

1. Membuat Tabel Menggunakan Template

Pada Microsoft Word 2013 ke atas sudah tabel yang berbentuk template yang sudah siap untuk digunakan. Template tabel yang disediakan di dalam Microsoft Word, disajikan dengan berbagai desain dan warna yang dapat kita sesuaikan dengan data yang ingin kita masukkan.

Berikut langkah-langkah membuat table menggunakan template:

1. Tempatkan kursor pada posisi dimana tabel kan diletakkan.

2. Lalu klik tab Insert.

3. Klik menu Table, kemudian akan ,muncul kotak dialog seperti gambar di bawah.

4. Kemudian klik Quick Tables yang nantinya akan muncul bentuk tabel yang dapat kita pilih, seperti gambar dibawah.

5. Pilih bentuk tabel yang paling pas dan sesuai dengan kebutuhan, contohnya memilih bentuk Matrix.

6. Apabila ingin bentuk Matrix dengan model yang lain, dapat diubah dengan memilih modelnya pada grup Table Styles.

7. Tabel dengan menggunakan template berhasil dibuat dengan contoh hasil seperti dibawah.

2. Merancang Tabel Kreasi Sendiri

Apabila ingin membuat tabel berdasarkan kemauan sendiri dengan lebih cepat, dapat dilakukan melalui jendela Insert Table dengan  cara langsung mengarahkan mouse ke kotak yang tersedia. Cara membuat tabel ini cocok apabila tabel yang ingin dibuat jumlah barisnya dibawah delapan dan jumlah kolomnya dibawah sepuluh.

Berikut langkah-langkah membuat table sesuai dengan keinginan sendiri:

1. Tempatkan kursor pada posisi dimana tabel kan diletakkan.

2. Lalu klik tab Insert.

3. Klik menu Table, kemudian akan ,muncul kotak dialog seperti gambar di bawah.

4. Karena akan membuat tabel berdasarkan kreasi sendiri, maka arahkan kursor pada sel (kotak) berdasarkan jumlah kolom dan baris yang diinginkan.

5. Perhatikan keterangan yang ada di atas kotak, angka yang ada sama dengan jumlah kolom dan baris yang dipilih dari pointer.

6. Contohnya ketika membuat tabel dengan jumlah kolom 4 dan jumlah barisnya 5, maka arahkan kursor ke kotak nomor empat dari kiri dan nomor lima dari atas, keterangan angka di atas kotak pun akan menunjukkan 4×5 Table

7. Atau dapat juga dengan memperhatikan bentukpreview tabel yang ada pada halaman kerja dokumen Word.

8. Apabila jumlah kolom dan baris telah sesuai keinginan, klik mouse atau tekan tombol enter pada keyboard

Isi data pada tabel sesuai dengan kebutuhan. Selain itu dapat juga melakukan pengaturan  seperti:

a. Mempersempit atau memperlebar kolom dan baris.

b. Mengurangi atau menambah atau kolom dan baris.

c. Mengganti jenis border dan warna.

d. Memberi warna pada kotak dan pengaturan lainnya.

3. Membuat Tabel Melalui Kotak Dialog

Membuat tabel melalui kotak dialog cocok apabila tabel yang ingin kita buat mempunyai jumlah kolom dan baris yang cukup banyak, karena cara ini dapat menentukan sebelumnya berapa jumlah kolom dan baris yang akan dibuat.

Berikut langkah-langkah membuat tabel Melalui Kotak Dialog:

1. Tempatkan kursor pada posisi dimana tabel kan diletakkan.

2. Lalu klik tab Insert.

3. Klik menu Table, kemudian akan ,muncul kotak dialog seperti gambar di bawah.

4. Klik menu Insert Table, lalu muncul kotak dialog seperti gambar di bawah.

Isi data sesuai dengan kebutuhan menggunakan petunjuk sebagai berikut:

a. Number of colomns dipakai untuk menentukan jumlah kolom misalnya 6.

b. Number of rows, dipakai untuk menentukan jumlah baris misalnya 2.

c. Fixed column width, dipakai untuk menentukan lebar kolom berdasarkan keinginan, caranyaa denganmenekan anak panah ke atas atau ke bawah berapa cm sesuai lebar kolom yang diinginkan, apabila ingin lebar kolom secara otomatis maka pilih Auto.

d. AutoFit to Contents, untuk menentukan lebar kolom berdasarkan panjang isi sel.

e. AutoFit to Window, untuk menentukan lebar kolom berdasarkan lebar margin kiri hingga margin kanan halaman.

f. Remember demensions for new tables, untuk dapat memakai pengaturan yang ditetapkan saat ini dalam membuat tabel baru.

5. Setelah data dimasukan sesuai dengan kebutuhan, klik OK, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah.

6. Lalu isi data ke masing-masing sel dalam tabel tersebut sesuai keinginan.

4. Membuat Tabel Menggunakan Draw Table

Draw Table cocok dipakai untuk mengedit tabel yang sudah ada, namun dapat juga dipakai dari awal membuat tabel dengan fitur Draw Table.

Berikut langkah-langkah membuat tabel menggunakan Draw Table:

1. Tempatkan kursor pada posisi dimana tabel kan diletakkan.

2. Lalu klik tab Insert.

3. Klik menu Table, kemudian akan ,muncul kotak dialog seperti gambar di bawah.

4. Klik Draw Table, halaman kerja Word pointer berubah menjadi bentuk pensil.

5. Kemudian tekan tombol mouse sambil digeser ke arah yang diinginkan, maka pada halaman kerja akan tergambar kotak.

6. Untuk menciptakan garis diagonal, lakukan penggeseran dari sudut ke sudut.

Membuat tabel dengan fitur Draw Table lebih bebas menentukan lebarnya kolom dan baris berdasarkan keinginan.

5. Membuat Tabel dengan Excel Spreadsheet

Apabila ingin membuat tabel di Word yang membutuhkan perhitungan rumit layaknya seperti di Excel, ini adalah cara yang relevan.Membuat tabel dengan Excel Spreadsheet pada dasarnya memindahkan sementara aplikasi Microsoft Excel di dalam lembar kerja Word. Sehingga saat pengisian data, kalkulasi dan modifikasi tabel sama dengan melakukannya di Excel.

Berikut langkah-langkah membuat tabel menggunakan Excel Spreadsheet:

1. Tempatkan kursor pada posisi dimana tabel kan diletakkan.

2. Lalu klik tab Insert.

3. Klik menu Table, kemudian akan ,muncul kotak dialog seperti gambar di bawah.

4. Pilih Excel Spreadsheet, kemudian halaman Word berubah menjadi seperti di bawah.

Tampilan di atas sama seperti Excel, untuk sementara ketika jendela lembar kerja Excel aktif pada halaman dokumen Word, seluruh toolbar Microsoft Word diubah dengan toolbar Microsoft Excel, kecuali tab Windows dan tab File. Isi data pada tabel sesuai dengan kebutuhan.

a. Apabila ingin mengggunakan border silakan gunakan border seperti cara memberi border pada Excel.

b. Jumlah kolom dan baris yang akan masuk pada dokumen Word, sama dengan jumlah kolom dan baris yang ada pada lembar kerja Excel.

c. Untuk menambah kolom atau baris, silakan geser sudut bawah kanan lembar kerja Excel.

d. Apabila telah yakin memasukan jumlah kolom dan baris serta input data, klik di luar jendela lembar kerja Excel, kemudian halaman dokumen Word akan menjadi normal kembali dan ada sebuah tabel dari lembar kerja Excel, seperti gambar di bawah.

e. Apabila ingin tabel dikembalikan ke format jendela Excel lagi, caranya dengan mengklik 2x pada tabel tersebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *