Pengertian Array 1 dan 2 Dimensi, Contoh

Array adalah jenis tipe data yang dapat dikatakan unik, lain dengan tipe data lainnya yaitu integer, string, dan lainnya.

Pengertian Array

 Tipe data array mampu menyimpan satu atau lebih data di dalam variabel tunggal, fungsinya berguna untuk menyimpan banyak data di dalam satu variabel.

Cara kerja tipe data aray dalam bahasa pemrograman apa saja sebetulnya sama dalam segi penggunaan, tiap-tiap elemen array mempunyai masing-masing index yang bisa berupa string atau integer, index array ini dipakai untuk mengakses dari masing-masing nilai array yang berbeda.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang array:

  1. Nomor index pada Array dimulai dari 0 (nol).
  2. Hanya dapat menyimpan data dengan tipe sama.
  3. Semua isi array mempunyai tipe data sama.

Jenis-jenis tipe array di php

1. Numeric Array

Numeric array adalah jenis array yang index elemennya ada didalamnya dan didefinisikan menggunakan angka, biasanya index pertama diawali dengan angka “0” dan selanjutnya.

2. Associative Array (array assosiatif)

Assosicative araay merupakan array yang mendefinisikan index-nya menggunakan name atau nama untuk dapat mengakses nilai dari elemen array tersebut.

3. Multidimensional Array

Multidimensional Array adalah metode penyimpanan dengan nilai data array yang dimiliki lebih dari satu array, yang memiliki arti bahwa array didalam array. Array multidimensi sangatlah bermanfaat untuk menyimpan nilai variabel dengan banyak data walaupun dalam menggunakannya lebih sulit namun array jenis ini lebih efisien dari yang lainnya dalam pemakai karena dapat menampung banyak data.

Array 1 dimensi

Array 1 dimensi merupakan suatu kumpulan elemen-elemen yang identik dan tersusun di dalam satu baris. Elemen tersebut mempunyai tipe data yang sama, namun isi dari elemen tersebut dapat berbeda.

Pemanfaatan Array 1 Dimensi antara lain :

1. Sum atau penjumlahan

Penjumlahan atau Sum merupakan salah satu operasi aritmetika dasar.  Penjumlahan adalah suatu kegiatan penambahan dua buah bilangan atau lebih yang dijadikan suatu bilangan yang merupakan jumlah atau sum.Penjumlahan  dapat ditulis dengan memakai tanda plus atau tambah ” + ” yang ada di antara kedua bilangan. Hasil dari penjumlahan tersebut dinyatakan menggunakan tanda sama dengan ” = “.

2. Mean atau rata-rata

Rata-rata  atau Mean adalah ukuran statistik yang sangat sering dipakai. Rata-rata memiliki beberapa macam, antara lain rata-rata geometrik, rata-rata hitung (aritmatik), rata-rata harmonik dan lain-lain. Penghitungan dari rata-rata dilakukan dengan cara menjumlahkan semua nilai dari suatu kelompok data, lalu dibagi dengan jumlah data tersebut.

Contoh penggunaan array satu dimensi:

<?php

$test=array(“Saya”,”Kamu”,”aku”);

echo “Hasil array : ” . $test[0] . “, ” . $test[1] . ” dan ” . $test[2] . “.”;

?>

Hasil dari script diatas apabila dijalankan seperti berikut

Hasil array : Saya, Kamu, dan Aku

Array 2 dimensi

Array 2 dimensi adalah suatu variabel yang menyimpan sekumpulan data yang mempunyai tipe sama dan elemen yang nantinya akan diakses melalui 2 indeks atau subskrip berupa indeks baris dan indeks kolom.

Pemanfaatan Array 2 Dimensi antara lain :

1. Matriks

Matriks merupakan suatu kumpulan bilangan, simbol, atau ekspresi, memiliki bentuk persegi panjang yang dirangkai berdasarkan baris dan kolom.  Bilangan-bilangan yang ada di suatu matriks dinamakan dengan elemen atau anggota matriks.

2. Sebagai kedudukan titik terhadap bidang XoY

Contoh :

$array = 

    array(

        array(‘100′,’101’),

        array(‘200′,’201’),

        array(‘300′,’301’)

        );

for ($aj=0; $aj<=2; $aj++){

    for ($a=0; $a<=1; $a++){

        echo $array[$aj][$a].”

“;

    }

}

?>

Hasil dari script diatas apabila dijalankan seperti berikut

Hasil array :

100

101

200

201

300

301

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *