Pengertian dan Fungsi Komputer, Komponen, dan Jenisnya

Komputer merupakan alat yang berguna untuk mengolah data sesuai prosedur yang dibutuhkan.

Pada awalnya, pemakaian kata “Komputer” ditujukan untuk mereka yang memiliki pekerjaan melakukan perhitungan aritmatika atau melakukan perhitungan aritmatika tanpa menggunakan alat bantu. Dengan berjalannya waktu, definisi komputer berubah ke alat perhitungan aritmatika.

Kata Komputer sendiri berasal dari Bahasa Latin yaitu “Computare” yang artinya menghitung. Walaupun dari Bahasa Inggris Komputer disebut menggunakan kata yang berbeda namun mempunyai makna yang sama yaitu sama-sama menghitung.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

1. Robert H Blissmer 

Komputer merupakan alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas yaitu menerima input,memproses inputan tersebut berdasarkan program, menyimpan perintah dan hasil dari pengolahan dan menyajikan output yang berbentuk informasi.

2. Fouri 

Komputer adalah alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan dalam skala besar dengan cepat termasuk operasi logika dan aritmatika tanpa campur tangan manusia.

3. Jhon J. Longkutoy

Komputer merupakan pemecah persoalan atau pengolah data yang mampu menghasilkan informasi yang diperlukan

4. Donald H.Sanders 

Komputer merupakan perangkat elektronik yang dipakai untuk memanipulasi data secara tepat dan cepaty serta dirancang dan diorganisasikan supaya otomatis dapat menerima dan menyimpan data input, memproses dan menghasilkan output dibawah pengawasan dari langkah atau instruksi program yang tersimpan di memori

5. V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky 

Komputer adalah mesin penghitung elektronik cepat yang mampu menerima informasi input digital, memprosesnya berdasarkan suatu program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi.

6. Gordon B. Davis

Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang memiliki sifat tertentu yang pasti.

7. William M.Fouri 

Komputer adalah pemroses data  yang mampu melakukan perhitungan besar secara cepat,operasi logika atau perhitungan aritmatika yang besar, tanpa adanya campur tangan dari manusia selama pemrosesan.

8. Elias M Awad

Komputer merupakan alat hitung untuk memproses data, disajikan dengan bentuk data diskret/digital dan data kontinyu/analog.

9. Larry Long & Nancy Long 

Komputer merupakan alat hitung elektronik yang berguna untuk menginterpretasikan dan memproses perintah terprogram untuk input, output,perhitungan, dan operasi logika.

10. June Parson

Komputer adalah perangkat serba guna yang dapat menerima input,proses data, penyimpanan data, dan juga menghasilkan output, semua menurut serangkaian instruksi yang disimpan.

11. Garry b. Shelly & Randolph E. Gunter

Komputer adalah  perangkat elektronik yang  bekerja di bawah kendali, dimana instruksi yang ada disimpan dalam memori, dapat menerima data, mengelola data sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan, dan memproduksi hasil.

Fungsi Komputer

Pada dasarnya fungsi komputer sangatlah beragam, tergantung kepada masing-masing penggunanya. Fungsi komputer antara lain :

1. Data Input

Komputer mampu menerima informasi atau data dari sumber lain. Data diterima dari aktivitas di keyboard, mouse, dari komputer atau peralatan lain.

2. Data Processing

Komputer berfungsi untuk melakukan pengolahan data sehingga dapat menghasilkan output berupa informasi. Umumnya, data yang diolah komputer berupa teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

3. Data Output

Komputer berfungsi untuk menghasilkan output atau informasi setelah melewati proses pengolahan data. Informasi tersebut disajikan melalui monitor,  speaker, dan alat printer.

4. Data Storage

Komputer berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data, data menjadi mudah ditemukan dan dapat digunakan kembali. Data tersebut disimpan pada memori internal komputer atau memori eksternal.

5. Data Movement

Komputer berfungsi untuk memindahkan data antar komputer atau berbagai alat output lainnya.

Komponen Komputer

Berdasarkan fungsinya, komponen pada komputer dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu Input, Proses, dan Output.

1. Komponen Input

Merupakan komponen hardware yang mempunyai fungsi memberi perintah berupa tugas yang akan diberikan pada komputer. 

Komponen input antara lain:

  1. Keyboard, memberikan masukan berupa alfanumerik dan juga interpretasi ASCII lainnya.
  2. Mouse dan Trackpad, alat yang menghubungkan layar monitor dengan brainware.
  3. Pen (untuk layar sentuh), memiliki fungsi mirip seperti mouse namun berbentuk seperti pena.
  4. Scanner, alat yang berfungsi memindai gambar yang akan dimasukkan ke sistem komputer.
  5. Microphone, alat untuk input data dalam bentuk audio.

2. Komponen Proses

Fungsinya untuk mengolah data atau memproses perintah yang didapatkan dari brainware yang selanjutnya akan ditampilkan pada komponen output.

Komponen proses antara lain :

  1. Processor, merupakan komponen utama untuk mengolah data.
  2. Motherboard,  penghubung berbagai komponen lain pada komputer.
  3. Hard Disk, menyimpan data yang bersifat permanen di komputer, contohnya sistem operasi komputer.
  4. RAM, memori untuk menyimpan aktivitas komputer sementara.

3. Komponen Output

Fungsinya untuk menampilkan informasi dari perintah yang sudah diproses oleh komputer.

Komponen output antara lain :

  1. Monitor, menampilkan proses yang sedang dikerjakan oleh komputer.
  2. Printer, mencetak informasi yang ada ke dalam bentuk hard copy.
  3. Speaker, menghasilkan output berupa suara atau audio.

Jenis-jenis Komputer

1. Ditinjau dari ukuran

  1. Mikro computer, disebut juga personal computer (PC) atau dekstop computer karena hanya dipakai oleh satu pengguna.
  2. Mini computer,  dapat dipakai secara bersama maksimal 64 pengguna.
  3. Mainframe computer, dapat dipakai secara bersama lebih dari 64 pengguna.

2. Ditinjau dari penggunaannya

  1. Special purpose computer, dipakai untuk mengolah data untuk hal yang sifatnya lebih spesifik, contohnya automatic banking system, accounting inventory,dan lainnya.
  2. General purpose computer, dipakai bukan untuk hal yang sifatnya khusus melainkan dapat dipakai untuk mengolah data apapun, contohnya PC untuk keperluan penelitian.

3. Ditinjau dari jenis data yang diolah

  1. Komputer analog, bekerja dengan menerjemahkan kondisi fisik melalui data kualitatif, seperti temperatur, kecepatan, panas, atau yang disebut dengan alat ukur, contohnya: voltmeter, speedomete, thermometer, dan sebagainya.
  2. Komputer digital, bekerja dengan dasar perhitungan aritmatik melalui data kuantitatif, contohnya menghitung angka yang dipakai untuk bisnis atau scientific data processing, contohnya kalkulator.
  3. Komputer hybrid, bekerja menggunakan dasar perhitungan aritmatik serta logika dengan penyajian data yang berupa angka, merupakan kombinasi antara data kualitatif dan kuantitatif. Contoh alat simulasi penerbangan.
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *