OVO Gangguan Transfer Hari Ini? Simak 6 Penyebab dan Cara Mengatasinya

iusnar07

Kamu terkena imbas dari OVO gangguan transfer hari ini? Jika iya, tidak perlu khawatir! Disini kami akan menyajikan dengan lengkap info seputar platform OVO yang saat ini sedang mengalami gangguan.

OVO merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer saat ini. Selain karena kemudahan dalam akses aplikasinya, OVO juga menawarkan berbagai keuntungan menarik bagi para penggunanya, salah satunya seperti OVO points. Selain itu, OVO juga bekerja sama dengan berbagai aplikasi lain seperti Grab. Transaksi dalam grab yang dilakukan via OVO akan memberikan berbagai promo dan potongan menarik. Hal inilah yang membuat semakin bertambah peminat e-wallet yang satu ini.

Namun, kadang-kadang masalah bisa saja muncul seperti yang saat ini sedang kamu alami, transaksi mu menjadi tertunda karena OVO gangguan transfer hari ini. Karena itulah kami tertarik untuk membuat postingan ini, karena kami ingin membantu sobat yang terkena dampak dari OVO gangguan transfer hari ini.

Bagaimana Cara Transfer di aplikasi OVO?

Cara Transfer di aplikasi OVO
Cara Transfer di aplikasi OVO

Sudahkah kamu memahami bagaimana cara transfer melalui aplikasi OVO? Jika belum, tidak usah khawatir! Disini kami akan memberikan anda panduan tentang bagaimana cara transfer di aplikasi OVO baik itu ke sesama pengguna OVO, ke rekening Bank, maupun ke e-wallet melalui langkah-langkah yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami.

1. Cara transfer ke sesama OVO

Yang pertama, mari kita mulai dari yang paling sederhana terlebih dahulu, yaitu cara transfer ke sesama pengguna OVO. Berikut ini kami tunjukkan cara transfer ke sesama OVO melalui beberapa langkah seperti:

  1. Pertama, silahkan masuk ke aplikasi OVO anda
  2. Pada halaman utama, kliklah menu “Transfer
  3. Pilih opsi “Transfer ke sesama OVO
  4. Masukkan nomor HP tujuan yang terdaftar di OVO
  5. Masukkan nominal dan catatan atau pesan yang sifatnya opsional (artinya bisa ada, bisa juga dikosongkan)
  6. Klik “Lanjutkan” dan tekan tombol transfer
  7. Konfirmasi transaksi dengan memasukkan PIN OVO anda
  8. Dalam beberapa saat bukti transfer akan tampil di layar anda

2. Cara transfer OVO ke rekening bank

Aplikasi OVO juga dapat digunakan untuk transfer ke rekening Bank. Hal ini tentu akan sangat memudahkan anda dalam hal bertransaksi, karena anda tidak perlu lagi harus melangkahkan kaki ke ATM. Lantas bagaimanakah cara transfer OVO ke rekening Bank? Simak langkah-langkahnya disini.

  1. Buka aplikasi OVO dengan menggunakan akun milik anda
  2. Klik menu “transfer” pada halaman utama
  3. Pilih “trasfer ke rekening Bank
  4. Pilih Bank tujuan
  5. Masukkan nomor rekening Bank dan nominal transfer dan [pesan transfer (jika ada)
  6. Klik “lanjutkan” maka akan muncul tampilan detail tranfer pada layar perangkat anda.¬†Silahkan di cek kebenarannya
  7. Jika sudah sesuai, langsung saja klik tombol “Transfer
  8. Masukkan PIN OVO anda sebagai langkah terakhir. Tunggu hingga permintaan anda berhasil di proses.

3. Cara transfer OVO ke E-Wallet

Terakhir yang kami tampilkan adalah cara transfer OVO ke e-wallet lainnya seperti DANA dan ShopeePay. Terkhusus bagi sobat yang belum paham akan bagaimana cara melakukan transfer melalui OVO ke e-wallet, perhatikanlah panduan kami dibawah ini.

  • Cara transfer OVO ke Dana

  1. Buka aplikasi OVO anda
  2. Pada halaman beranda, kliklah menu “Transfer
  3. Pilih “transfer ke rekenin Bank
  4. Pilih Bank “CIMB Niaga
  5. Pada bagian nomor rekening, silahkan masukkan format “8059 diikuti dengan nomor HP tujuan yang terdaftar di DANA
  6. Masukkan nominal yang akan di transfer, minimal Rp10.000
  7. Klik “lanjutkan” maka akan tampil detail transaksi anda
  8. Apabila sudah benar, silahkan konfirmasi dan masukkan PIN OVO anda
  9. Tunggu dalam beberapa saat hingga muncul tampilan transfer telah berhasil
  • Cara transfer OVO ke ShopeePay

  1. Pertama, silahkan masuk ke aplikasi OVO anda
  2. Klik menu “Transfer” pada halaman utama
  3. Pilih opsi “Transfer ke rekening Bank
  4. Cari dan klik “Bank Mandiri
  5. Pada nomor rekening, masukkan kode 893 + No HP yang terdaftar di ShopeePay anda
  6. Masukkan nominal yang ingin anda transfer, minimal Rp10.000
  7. Klik “lanjutkan” maka dalam beberapa saat akan muncul tampilan detail transaksi anda
  8. Jika sudah sesuai, konfirmasi dan masukkanlah PIN OVO anda
  9. Terakhir, tunggu dalam beberapa saat hingga permintaan transfer anda berhasil diproses

Kenapa OVO Gangguan Transfer Hari ini

Usai memahami bagaimana cara transfer melalui aplikasi OVO, selanjutnya kami akan menampilkan poin yang sudah anda tunggu-tunggu, yaitu penyebab OVO gangguan transfer hari ini. Transaksi mentransfer yang tidak berhasil diproses, memang bisa menjadi sebuah situasi yang menimbulkan rasa kesal dan membuat aktivitas atau keperluan yang ingin segera kita selesaikan menjadi tertunda.

Nah, sebelum kami memberikan solusi terhadap OVO gangguan transfer hari ini, terlebih dahulu kami akan menjelaskan apa saja penyebab kendala gangguan transfer OVO ini bisa terjadi. Maka langsung saja, anda perhatikan berikut beberapa alasan “Kenapa OVO gangguan transfer hari ini”

Ovo Gangguan Transfer Hari ini
Ovo Gangguan Transfer Hari ini
  • Gangguan Teknis OVO

Penyebab yang pertama kenapa OVO gangguan transfer hari ini adalah karena adanya gangguan teknis pada sistem OVO, misalnya seperti server yang sedang overloading, perangkat lunak pada pusat sistem sedang bermasalah atau masalah lainnya yang membuat beberapa fitur dalam OVO, termasuk transfer tidak berfungsi.

  • Pemeliharaan sistem

Sama seperti layanan pada aplikasi lainnya, OVO juga melakukan pemeliharaan sistem secara rutin untuk meningkatkan kualitas maupun fitur dalam aplikasi yang mereka kembangkan. Namun, sayangnya saat hal ini berlangsung, fungsi dari semua fitur yang ada dalam aplikasi akan dihentikan untuk sementara hingga pemerliharaan selesai.

  • Masalah jaringan

Masalah jaringan juga termasuk sebagai salah satu penyebab OVO gangguan transfer hari ini. OVO merupakan salah satu e-wallet yang penggunaanya bergantung pada koneksi internet. Nah, ketika jaringan anda tidak stabil atau mungkin kuota internet anda tidak tersedia, maka otomatis anda tidak akan bisa menjalankan fitur dalam OVO, termasuk untuk mentransfer.

  • OVO telah mencapai limit transfer

Selanjutnya, penyebab OVO gangguan transfer hari ini bisa juga karena OVO anda yang telah mencapai limit transfer. Perlu diketahui bahwa OVO menetapkan batas/ limit transfer yaitu sebesar Rp20juta dalam sebulan. Oleh karena itu, sebelum mentransfer uang via OVO, pastikanlah total jumlah transfer anda dalam bulan itu tidak lebih dari limit yang telah ditentukan.

  • Lonjakan permintaan

OVO gangguan transfer hari ini dapat juga disebabkan karena permintaan yang sedang padat. Jika ada lonjakan secara mendadak untuk melakukan transfer, sistem OVO mungkin akan mengalami kesulitan mengelola beban lalu lintas yang tinggi, sehingga terjadilah berbagai gangguan.

  • Saldo tidak mencukupi

Terakhir, penyebab OVO gangguan transfer hari ini adalah karena saldo OVO yang tidak mencukupi. Anda perlu ketahui bahwa, dalam OVO terdapat minimal transfer yaitu sebesar Rp10.000. Artinya, jika anda ingin mengirim uang lewat OVO, maka minimal saldo anda harus ada 10ribu. Berbeda lagi jika transfer ke rekening Bank, anda wajib harus memiliki saldo minimal Rp12.500 karena transfer via OVO ke rekening bank akan dikenakan biaya admin sebesar Rp2.500 per transaksi.

Cara Mengatasi Ovo Gangguan Transfer Hari ini

Dengan mengetahui beberapa penyebab kenapa OVO gangguan transfer hari ini, akan membantu anda untuk mencari tau dan memastikan penyebab kendala OVO yang sedang anda alami. Namun, jika setelah mencoba berbagi upaya anda tidak berhasil juga mengatasi gangguan transfer pada akun OVO, maka cobalah memperhatikan dibawah ini kami tampilkan beberapa cara mengatasi OVO gangguan transfer hari ini.

Cara Mengatasi OVO gangguan transfer hari ini
Cara Mengatasi OVO gangguan transfer hari ini
  • Cek notif gangguan di web resmi OVO

Langkah pertama, silahkan cek ada tidaknya notif yang memberitahukan tentang sedang adanya gangguan OVO melalui web resmi OVO. Biasanya, jika memang sedang terjadi gangguan, pihak layanan OVO akan membuat pemberitahuan di akun media sosial atau web resmi mereka.

  • Login dan log out akun OVO

Jika setelah dicek tidak ada notifikasi yang memberitahukan OVO sedang dalam masalah, maka selanjutnya cobalah login dan log out akun OVO anda. Tindakan ini dapat mengatasi bug atau error aplikasi.

Untuk log out dari akun OVO anda bisa klik menu profile > lihat ke bagian paling bawah > dan klik “sign out” Sedangkan untuk login kembali, langkah-langkahnya seperti biasanya juga, buka aplikasi OVO > masuk menggunakan nomor HP > masukkan security code atau confirm menggunakan fingerprint > Halam utama OVO akan tampil. Setelah berhasil masuk, silahkan coba ulang transfer yang sebelumnya tertunda.

  • Ganti koneksi jaringan

Masalah OVO gangguan transfer hari ini, dapat juga diatasi dengan mengganti koneksi jaringan pada perangkat yang digunakan. Pastikan kuota anda masih tersedia, atau jika memungkinkan gantilah jaringan anda ke penggunaan WiFi. Refresh halaman OVO sebelum mencoba ulang kembali transfer saldo ovo dalam akun anda.

  • Update aplikasi OVO

Cara selanjutnya untuk mengatasi OVO gangguan transfer hari ini bisa juga dengan mengupdate aplikasi OVO. Sebuah aplikasi apabila sudah kadaluarsa, akan mempengaruhi kinerja aplikasinya secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pembaruan atau update aplikasi ke versi yang terbaru.

  • Hubungi CS OVO

Apabila beberapa cara diatas tidak berhasil mengatasi kendala OVO gangguan transfer hari ini yang sedang anda hadapi, maka alternatif terakhir adalah menghubungi CS OVO. Sampaikanlah keluhan anda dengan jelas, mereka akan membantu dan memberikan solusi untuk menangani permasalahan anda. Anda bisa mengubungi CS OVO langsung dari aplikasi melalui menu “pusat bantuan” atau bisa juga dengan menghubungi call center OVO 1500 696, akun sosial resmi OVO, dan email [email protected]

Sekilas tentang OVO

Deskripsi aplikasi OVO
Sumber: gadgetren.com

Setelah membagikan sejumlah informasi tentang OVO gangguan transfer hari ini, dibawah ini kami juga akan memberikan sedikit gambaran mengenai aplikasi OVO.

  • Apa itu OVO?

OVO merupakan salah satu e-wallet (dompet digital) yang memungkinkan penggunanya untuk dapat bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menyimpan uang maupun untuk melakukan berbagai transaksi seperti transfer, top up, pembayaran (PDAM, listrik, BPJS, asuransi, dll), serta masih banyak lagi yang lainnya. OVO menjadi salah satu aplikasi yang dapat menggantikan peran M-banking.

  • Jenis akun OVO

Ovo terbagi ke dalam 2 jenis akun, yakni “OVO Club dan OVO Premier” OVO Club merupakan versi OVO sebelum di upgrade sedangkan OVO Premier merupakan jenis akun OVO setelah di upgrade. Perbedaan dari kedua jenis akun ini adalah, OVO Club hanya bisa menyimpan nominal saldo sebesar Rp2.000.000 sedangkan OVO Premier dapat menyimpan nominal saldo hingga Rp20.000.000.

Selain itu, ada juga perbedaan mencolok lainnya, yang mana dalam akun OVO Premier, pengguna dapat menikmati fitur secara keseluruhan. Sedangkan dalam akun OVO Club, beberapa fitur akan terbatas untuk digunakan, termasuk fitur transfer ke rekening Bank.

  • Fitur dan layanan OVO

Aplikasi OVO menyediakan berbagai fitur dan layanan, diantaranya seperti:

  1. Fitur transfer yang mudah antar sesama pengguna OVO, ke rekening Bank dan e-wallet lain.
  2. Pembayaran tagihan seperti tagihan listrik, air, BPJS, TV berlangganan, Pajak, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  3. Pembelian paket kuota internet, top up pulsa, top up game dan lain-lain.
  4. Transaksi internasional yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dengan pedagang luar negeri.
  5. OVO juga dapat digunakan untuk berbelanja di berbagai merchant dan e-commerce yang bekerja sama dengan OVO.
  6. Fitur “investasi” yang memungkinkan untuk berinvestasi dalam berbagai produk, seperti emas, reksadana, dll.
  7. Penawaran dan promo, diskon dan cashback kepada para penggunanya.

Berikut kelebihan dan kekurangan dari aplikasi OVO dalam bertransaksi :

Kelebihan OVO Kekurangan OVO
Kemudahan pembayaran Terbatasnya merchant
Integrasi dengan banyak layanan dan toko online Tidak diterima di semua tempat
Program cashback dan diskon Biaya top up atau penarikan dana
Kemampuan transfer uang ke sesama pengguna ovo Diperlukan koneksi internet
Penggunaan yang mudah dan intuitif Risiko keamanan dan privasi
Adanya fitur investasi (ovo cash) Adanya biaya admin di beberapa transaksi
Program kumpulkan ovo points Tergantung pada infrastruktur digital
Dukungan pelanggan yang baik Tidak dapat digunakan untuk transaksi besar

Akhir Kata

OVO Gangguan Transfer Hari Ini
OVO Gangguan Transfer Hari Ini

Dengan mengetahui informasi mengenai OVO gangguan transfer hari ini, anda dapat mengambil tindakan yang tepat dalam situasi ketika anda sedang mengalami gangguan saat melakukan transfer melalui aplikasi OVO. Itulah yang dapat kami bagikan seputar tentang OVO gangguan transfer hari ini. Besar harapan kami, semoga kendala anda segera teratasi dan anda dapat kembali menikmati layanan OVO dengan lancar.

Also Read