Received At Inbound Station Artinya dalam Pengiriman JNE

Rohma Dearni

Tidak jarang pengguna jasa kirim JNE mempertanyakan received at inbound station artinya apa setelah tracking resi di halaman atau aplikasi MyJNE. Hal ini sangat wajar mengingat status pengiriman yang ditampilkan berbahasa Inggris, sehingga sebagian orang sangat sulit memahaminya.

Tahukah kamu, saat status ini muncul tidak butuh waktu lama paket akan diantar kurir ke alamat tujuan. Dengan mengetahui received at inbound station artinya apa, semua pengguna layanan ekspedisi ini bisa mengetahui dengan pasti alur pengiriman dan memperkirakan berapa lama paket di perjalanan.

Sekilas Tentang JNE

Sekilas Tentang JNE
Sekilas Tentang JNE

PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang disingkat JNE merupakan penyedia jasa kirim yang populer dikalangan masyarakat. Mereka menyediakan beberapa layanan yang bisa dipilih masyarakat sesuai kecepatan pengiriman dan berat barang.

Awalnya JNE mempunyai banyak sekali layanan unggul, namun kini dibuat sekompleks mungkin seperti penghentian “YES” (Yakin Esok Sampai) sejak 2020 silam. Sampai saat ini ada tiga yang unggul dari JNE dan paling sering diburu masyarakat, diantaranya adalah:

  1. JNE Reguler. Paket reguler adalah layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan estimasi waktu diterima dalam 1-7 hari kerja.
  2. Ongkos Kirim Ekonomis (OKE). Sedangkan OKE tidak melayani pengiriman di hari libur besar. Karena harganya lebih ekonomis, OKE diperkirakan lebih lama 1-3 hari kerja dari reguler.
  3. JNE Kargo. Untuk masyarakat yang ingin mengirim barang dalam volume besar bisa menggunakan JNE Kargo. Layanan ini menggunakan armada truk untuk berat paket mulai 5-100 kg.

Selain murah, JNE termasuk ekspedisi yang sudah berkembang pesat di tanah air. Hal ini membuat masyarakat di lokasi terpencil bisa mengirim barang dengan mudah. Ini salah satu alasan kenapa JNE diterima baik dan selalu populer meskipun sudah banyak jasa kirim yang baru.

Received At Inbound Station Artinya Apa?

Received At Inbound Station Artinya Apa?
Received At Inbound Station Artinya Apa?

Saat menggunakan jasa JNE, ada banyak sekali status pengiriman yang membingungkan kita termasuk “received at inbound station“. Maka dari itu tidak sedikit yang mempertanyakan received at inbound station artinya apa dan berapa lama pengiriman setelah status tersebut.

Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, receive at inbound station berarti diterima di stasiun masuk. Namun dalam pengiriman JNE received at inbound station artinya diterima di agen atau cabang terdekat tingkat kecamatan.

Lantas berapa lama paket dikirim setelah status received at inbound station muncul? Setelah sampai di agen JNE terdekat paket akan diteruskan ke alamat tujuan paling lambat 2×24 jam. Jika melebihi estimasi waktu tersebut, biasanya karena barang membludak dan mengharuskan kurir menyelesaikan pengiriman paket yang lebih awal masuk di agen JNE.

Sebelum paket sampai di agen kecamatan (received at inbound station) terlebih dahulu diproses di pusat penyortiran (processed at sorting center). Nah, setelah diterima di agen JNE, paket akan diantar kurir ke alamat penerima yang ditandai status “with delivered courer”. Ini berarti penerima perlu menunggu dan mempersiapkan uang tunai untuk pembaran di tempat.

Nah, setelah paket diterima statusnya akan berubah menjadi “delivered to” yang diikuti nama penerima. Pada tahap ini JNE sudah menyelesaikan pengiriman barang, jika ada kendala kamu bisa menghubungi CS atau mendatangi agen tersebut.

Istilah Lain dalam Pengiriman JNE

Setelah mengetahui received at inbound station artinya paket sudah diterima di agen JNE terdekat, tentu kamu perlu memahami arti dari istilah-istilah pengiriman lain dalam JNE. Supaya tidak lagi bingung, mari pahami satu-persatu.

  • Box delay: paket sedang tertunda
  • Bad adress: kurir tidak bisa menemukan alamat tujuan
  • Hold request by shipper: pengiriman ditahan atas permohonan pengirim dan penerima
  • Ho hold further instructions: pengiriman ditahan JNE dan menunggu instruksi selanjutnya
  • Invalid bag status: kesalahan tas kurir dan mungkin paket telah tertukar
  • Destination correction: koreksi alamat tujuan
  • Force majeure JNE: tidak ada kurir yang bekerja karena hari libur
  • Closed once delivery attempt: sudah diantarkan kurir namun tidak ada yang menerima paket, dijadwalkan di hari selanjutnya
  • On-process: Paket kamu sedang diproses JNE
  • ON-transit: Paket sedang transit (khusus pengiriman antar pulau)
  • Shipment received by JNE counter affice at : Paket sudah diantar pengirim dan diterima di agen terdekat (diiringi nama kota)
  • Received at sorting center: paket telah tiba di pusat penyortiran
  • Processed at sorting center: paket sedang diproses di pusat penyortiran untuk memisahkan paket berdasarkan kota tujuan
  • Received at warehouse: paket sudah sampai di gudang kota tujuan
  • Shipment fordward to destination: paket dalam proses untuk dikirim ke agen kabupaten dan diteruskan ke agen kecamatan
  • Received at inbound station: paket berada di agen JNE tingkat kecamatan
  • With delivery courer: sedang diantarkan kurir ke alamat tujuan
  • Delivered to: paket berhasil diterima (nama penerima)

Cara Mengajukan Komplain dalam Pengiriman JNE

Setelah mengetahui received at inbound station artinya dan istilah pengiriman JNE yang lain, mungkin kamu membutuhkan solusi ini dalam jika terlalu intens menggunakan jasa kurir ini.

Cara Mengajukan Komplain dalam Pengiriman JNE
Cara Mengajukan Komplain dalam Pengiriman JNE

Mungkin kamu pernah mengalami kendala pengiriman JNE seperti paket tak kunjung diterima meskipun sudah melebihi estimasi pengiriman. Selain mencari received at inbound station artinya apa, kamu juga perlu mengetahui kontak tujuan apabila ada masalah dalam pengiriman JNE:

  • Menghubungi Call Center JNE

Cara mengajukan komplain dalam pengiriman JNE bisa dilakukan melalui call center. Cara ini cukup efektif dimana kamu bisa terhubung langsung dengan layanan pelanggan (CS) dari ekspedisi ini.

Masukkan nomor (021) 2927 8888 untuk tersambung, lalu ikuti panduan untuk memilih layanan sesuai kebutuhan, apakah barang rusak, pengiriman tertunda dan lain sebagainya. Akhir dari pengajuan ini setelah dihubungkan ke CS, lalu kamu bisa menyampaikan komplain setelah petugas memeriksa nomor resi.

  • Menghubungi Call Center Regional

Tidak sedikit yang mencari tau received at inbound station artinya apa karena masalah pengiriman. Mungkin status ini tak kunjung diperbaharui bahkan melebihi waktu yang seharusnya. Nah, jika mengalami masalah demikian kamu bisa menghubungi call center sesuai wilayah paket yang disesuaikan lebih dahulu dengan nomor berikut:

Regional Nomor Telepon
Medan 061-30003888
Banda Aceh 0651-27411
Bandung 022-86023222
Bekasi 021-80616000
Batam 0778-5705333
Cikarang 0282-50901221
Cilacap 0282-546700
Jakarta (Kepala Gading) 021-4513352
Jakarta (Casablanca) 021-83794516
Jakarta (S. Parman) 021-5323223
Jakarta (Pasar Minggu) 021-22379278
Jakarta (Tomang45) 021-5665262
Jambi 0741-31388
Karawang 0815-4630353
Malang 0341-344672
Palembang 0711-3035099
Solo 0271-6776800
Yogyakarta 0274-4605800
  • Mengirim Email Pengaduan

Selain dua cara diatas, kamu bisa menghubungi JNE untuk menangani delay dan masalah pengiriman lain melalui email [email protected]. Mungkin cara ini tidak seefektif dua cara diatas, karena customer care akan membalas email dalam 3 hari kerja.

Masukkan subjek terkait kendala pengiriman seperti paket delay atau tidak kunjung sampai. Setelah itu isikan email dan cantumkan resi pengiriman untuk memudahkan CS mengidentifikasi masalah pada paketmu. Pastikan bahasa yang digunakan mudah dipahami dan tunggu balasan tiga hari kedepan.

  • Mendatangi Agen JNE Terdekat

Dalam beberapa kasus pengguna JNE yang mencari informasi received at inbound station artinya karena paket mereka tak kunjung diantar kurir ke alamat penerima. Jadi, jika mengalami kendala yang sama di pengiriman barang setelah status “received at inbound station” muncul, kamu bisa mendatangi agen JNE terdekat (sesuai tingkat kecamatan).

Penting diketahui juga, pelanggan juga harus melacak nomor resi secara berkala untuk mengantisipasi status berubah menjadi “with delivery courer” yang berarti paket sudah di tangan kurir. Jika berencana mengambil paket di agen JNE, pastikan status belum berubah supaya usaha mendatangi agen tidak sia-sia.

Bacaan menarik untuk kamu 7 Penyebab Kenapa Gratis Ongkir Lazada Tidak Bisa Digunakan

Penutup

Received At Inbound Station Artinya
Received At Inbound Station Artinya

Kini kamu sudah mengetahui received at inbound station artinya paket sudah diterima di agen JNE terdekat (tingkat kecamatan). Setelah paket diterima di agen terdekat, tidak butuh lama status akan berubah ke “with delivery courer” yang berarti paket sedang diantarkan kurir ke alamat tujuan.

Jika tidak status pengiriman tidak berubah setelah 2×24 jam, kamu bisa menghubungi pihak JNE untuk konfirmasi lebih lanjut. Itu saja yang bisa Teknoin bagikan menjawab received at inbound station artinya apa, semoga bermanfaat!

Also Read