5+ Cara Setor Tunai BSI Tanpa Kartu dengan Mudah dan Anti Ribet!

iusnar07

Intip cara setor tunai BSI tanpa kartu dalam artikel ini, yang memudahkan kamu untuk melakukan penyetoran dana ke rekening Bank mu dengan lebih praktis. BSI merupakan salah satu Bank yang cukup ternama di Indonesia, yang didirikan baru beberapa tahun belakangan ini. Bank ini menawarkan berbagai layanan bagi para nasabah nya, termasuk salah satunya yaitu layanan setor tunai tanpa kartu.

Jika anda penasaran dengan bagaimana cara setor tunai BSI tanpa kartu, jangan khawatir dalam artikel ini kami akan mengulas secara lengkap tentang sejumlah cara setor tunai BSI tanpa kartu melalui langkah-langkah yang mudah dan sederhana.

Apa itu BSI?

Bank Syariah Indonesia
Sumber: bisnis.com/ Cara Setor Tunai BSI Tanpa Kartu

Sebelum lanjut membahas mengenai cara setor runai BSI tanpa kartu, terlebih dahulu kami akan menjelaskan secara singkat tentang profil BSI.

BSI yang merupakan singkatan dari “Bank Syariah Indonesia” adalah salah satu bank di Indoneisa yang bergerak berdasarkan prinsip syariah, karena itu BSI ini disebut juga sebagai Bank Islam. Di rangkum dari Wikipedia BSI ini diresmikan pada tanggal 1 Februari 2021, bertepatan dengan tanggal 19 Jumadil Akhir 1442 H.

Terdapat beberapa prinsip utama dalam Bank Syariah, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Larangan riba: Prinsip utama dari BSI adalah larangan terhadap riba (bunga) pada pinjaman atau deposit. Prinsip ini anggap sebagai kepatuhan pada larangan islam terhadap riba yang dianggap merugikan dan tidak etis dalam asas kemanusiaan.
  2. Larangan investasi dalam aktivitas haram: BSI secara tegas dilarang untuk berinvestasi dalam bisnis atau kegiatan yang dianggap haram seperti perjudian, alkohol dan perindustrian yang melibatkan daging haram (babi).
  3. Tanggung jawab sosial: BSI memiliki komitmen pada prinsip tanggung jawan dan sering terlibat dalam inisiatif sosial dan amal.
  4. Transparansi: Bank Syariah juga memberikan transparansi yang tinggi dalam operasinya dan memastikan produk dan layanannya tidak melenceng dari prinsip syariah.
  5. Bagi hasil: Menariknya, dalam Bank ini memberlakukan sistem bagi hasil, yang mana laba dan kerugian dibagi antara Bank dan nasabah sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

Benarkah Ada Cara Setor Tunai BSI tanpa Kartu?

Tak langsung berlanjut membahas mengenai cara setor tunai BSI tanpa kartu, pada bagian ini anda perlu memastikan terlebih dahulu benar tidaknya ada cara setor tunai BSI tanpa kartu. Nah, disini kami beritahukan bahwa sangat disayangkan sekali, hingga saat ini BSI belum menyediakan layanan untuk transaksi setor tunai di ATM tanpa menggunakan kartu. Jadi jika anda ingin menyetor uang ke rekening BSI anda, pastikan anda memiliki kartu ATM yang masih dalam keadaan aktif.

Cara Setor Tunai BSI di ATM

Cara Setor Tunai BSI Tanpa Kartu
Cara Setor Tunai BSI Tanpa Kartu

Setelah memastikan apakah ada cara setor tunai BSI tanpa kartu, berikutnya kami akan memandu anda untuk melakukan setor tunai BSI di ATM. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, bahwa sampai sekarang ini BSI belum menyediakan layanan yang memungkinkan nasabahnya untuk setor tunai tanpa kartu. Artinya disini adalah jika anda ingin melakukan setor tunai di ATM BSI, anda wajib harus membawa kartu debit anda. Nah, lantas bagaimanakah caranya untuk setor tunai di ATM? Jangan khawatir dibawah ini kami akan menyajikan sejumlah langkah-langkahnya.

Cara setor tunai BSI di ATM:

  1. Kunjungi ATM BSI terdekat
  2. Pastikan ATM tersebut sudah mendukung fitur CRM (Cash Recycle Machine)
  3. Masukkan kartu ATM
  4. Pilih bahasa Indonesia dan masukkan PIN ATM anda
  5. Pilih menu “setor tunai” yang berada di sebelah kiri
  6. Lalu pilih rekening tujuan. Silahkan pilih “rekening sendiri” jika anda ingin menyetor ke rekening milik anda sendiri, atau pilih “rekening BSI lainnya” jika uang yang akan anda setor tersebut ditujukan ke rekening lain.
  7. Tekan “lanjutkan” maka tempat untuk memasukkan uang dalam mesin ATM tersebut akan terbuka
  8. Masukkanlah uang anda kedalam mesin ATM. Pastikan uang telah disusun dengan rapi dan dengan pecahan yang sama.
  9. Pada layar mesin ATM, akan terlihat jumlah uang yang telah anda masukkan. Jika sudah benar maka tekanlah tombol “setor” Jika jumlah uang tidak benar, kemungkinan hal itu disebabkan karena susunan uang yang tidak rapi
  10. Setelah itu, konfirmasi setor tunai dengan menekan sekali lagi tombol “Setor”
  11. Dalam beberapa saat akan keluar struk transaksi dari mesin ATM, silahkan ambil sebagai bukti setor tunai telah berhasil.

Kenapa Gagal Setor Tunai BSI di ATM?

Penyebab dan cara mengatasi Gagal Setor Tunai BSI di ATM
Sumber: www.bsimaslahat/ Penyebab dan cara mengatasi Gagal Setor Tunai BSI di ATM

Tak sedikit orang yang mengalami kendala gagal menyetor uang di ATM BSI. Hal ini tentu membuat mereka tertunda untuk mengelola keuangan mereka dengan baik. Apakah yang menyebabkan hal demikian bisa terjadi? Jangan khawatir, karena selain menampilkan cara setor tunai BSI tanpa kartu, disini kami juga akan menjelaskan tentang beberapa penyebab gagal setor tunai BSI di ATM.

  • Pecahan uang yang disetor tidak sama

Penyebab yang pertama adalah pecahan uang yang disetor tidak sama (mencampur nominal 50ribu dan 100 ribu). Perlu anda ketahui bahwa pecahan uang yang diterima oleh mesin ATM BSI adalah pecahan Rp50.000 dan Rp100.000 dan ketika anda hendak menyetor uang, anda harus memasukkan yang bernominal sama. Oleh karena itu, jika uang yang anda setor memiliki pecahan yang berbeda, maka lakukanlah 2 kali secara bertahap.

  • Terdapat uang yang sobek dan di isolasi

Adanya uang yang sobek atau di isolasi juga bisa menjadi salah satu penyebab kegagalan dalam menyetor uang di ATM BSI. Sebelum memasukkan uang kedalam mesin ATM, penting untuk anda memastikan terlebih dahulu bahwa tidak ada uang yang sobek maupun di staples.

  • Memasukkan uang dalam keaadaan terlipat

Selanjutnya yang menyebabkan gagal menyetor uang di ATM BSI adalah karena uang yang dimasukkan dalam keadaan terlipat. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya pada langkah-langkah menyetor uang di ATM BSI, ketika anda hendak memasukkan uang ke dalam mesin ATM, anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa uang telah disusun dengan rapi, tidak ada satu pun uang yang terlipat.

  • Terdapat uang yang dalam keadaan basah atau lusuh

Harap diingat bahwa uang yang lusuh ataupun dalam keadaan basah tidak akan bisa diterima oleh mesin ATM. Maka dari itu, pisahkanlah uang yang lusuh dan basah dari uang yang bagus. Keringkanlah terlebih dahulu uang yang basah tersebut sebelum memasukkan kembali ke mesin setor ATM BSI.

  • Telah melebihi maksimal setoran

Berikutnya, kegagalan menyetor uang di ATM BSI dapat juga disebabkan karena telah melebihi maksimal setoran. Perlu anda ketahui bahwa ketika anda menyetor uang ke ATM BSI, terdapat batas jumlah lembar uang dalam sekali memasukkan yaitu sebanyak 50 lembar. Oleh karena itu, sebelum memasukkan uang ke dalam mesin ATM, pastikan uang anda tidak lebih dari 50 lembar. Jika jumlah uang yang akan anda setor ada 100 lembar, maka itu artinya anda harus menyetor uang sebanyak 2 kali.

Selain itu, terdapat juga limit setor tunai di ATM BSI yang perlu anda ketahui, yaitu:

  1. Silver: Rp15 juta per hari
  2. Gold: Rp30 juta per hari
  3. platinum: Rp45 juta per hari
  • Mesin ATM rusak

Jika anda merasa bahwa tidak ada satu pun kesalahan diatas yang anda lakukan, namun anda gagal menyetor uang anda ke ATM BSI, maka kemungkinan penyebabnya adalah karena mesin ATM yang anda gunakan memang sedang rusak.

  • BSI sedang dalam gangguan

Terakhir, yang menjadi salah satu penyebab gagal setor tunai di ATM BSI bisa juga dikarenakan BSI sedang dalam gangguan server atau sedang dalam pemeliharaan jaringan (maintenance). Hubungi layanan customer BSI atau cek notifikasi di web resmi BSI untuk mendapatkan informasi terkait.

Cara Mengatasi Gagal Setor Tunai BSI di ATM

Setelah menjelaskan beberapa penyebab kegagalan menyetor tunai di ATM BSI, selanjutnya kami juga akan memberikan sejumlah solusi atau cara mengatasi gagal setor tunai BSI di ATM.

Tanpa basa basi, langsung saja kami tunjukkan ini dia beberapa cara mengatasi gagal setor tunai BSI di ATM:

  • Setor via teller BSI

Setor tunai via teller BSI
Sumber: www.bankbsi.co.id/ Cara Setor Tunai BSI Tanpa Kartu

Cara mengatasi gagal setor tunai BSI di ATM yang pertama adalah dengan menyetor via teller BSI. Jika dalam beberapa kali mencoba anda tetap saja gagal mensetor tunai uang anda ke mesin ATM BSI, maka sebaiknya anda langsung saja menyetor uang anda dengan mengunjungi langsung Bank BSI. Berikut langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk menyetor uang di BSI via teller:

  1. Kunjungi cabang Bank BSI terdekat
  2. Ambil nomor antrean anda
  3. Ketika giliran anda sudah tiba, sampaikanlah tujuan anda yang ingin setor tunai kepada layanan yang sedang bertugas (teller) di Bank tersebut
  4. Isi slip setor tunai yang diberikan
  5. Serahkan uang anda dan buku tabungan (jika diperlukan). Pastikan uangnya telah anda susun rapi sebelum diserahkan ke teller.
  6. Tunggu dalam beberapa saat, teller akan memproses permintaan anda
  7. Selesai. Periksa saldo rekening anda.

Note: Jika anda ragu tentang ada tidaknya biaya admin untuk setor tunai di Bank BSI, anda tidak perlu khawatir! Karena tidak akan ada biaya apapun yang akan dikenakan untuk transaksi setor tunai di Bank BSI.

  • Melalui jasa penyedia layanan setor tunai

Selanjutnya, ada juga cara mengatasi gagal setor tunai BSI di ATM yaitu dengan menyetor melalui layanan penyedia jasa setor tunai. Di era sekarang ini, telah banyak layanan penyedia jasa setor tunai yang dapat membantu anda ketika anda ingin memasukkan uang ke rekening Bank anda. Namun langkah ini biasanya memerlukan biaya admin, yang besarannya dapat berbeda-beda disetiap daerah atau tergantung dengan yang telah ditetapkan oleh layanan tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Menggunakan jasa penyedia layanan setor tunai :

Hal Penjelasan
Minimum Setoran Minimum setoran adalah jumlah uang yang harus Anda setor untuk membuka deposito. Pastikan Anda mampu memenuhi persyaratan setoran awal.
Kebijakan Penarikan Dini Ketahui kebijakan penarikan dana sebelum jatuh tempo. Penarikan dana sebelum waktu tertentu dapat mengurangi bunga yang Anda terima.
Biaya dan Komisi Biaya administrasi atau komisi adalah biaya yang mungkin dikenakan oleh penyedia layanan. Pelajari biaya ini sebelum membuka deposito.
Keamanan dan Perlindungan Pastikan penyedia layanan memiliki perlindungan yang memadai. Deposit biasanya diasuransikan hingga batas tertentu. Cek batas perlindungan ini.
Evaluasi Risiko Meskipun deposito dianggap relatif aman, ada risiko yang perlu diwaspadai, seperti risiko inflasi yang dapat mengurangi daya beli bunga Anda.

Kesimpulan

Cara Setor Tunai BSI Tanpa Kartu
Cara Setor Tunai BSI Tanpa Kartu

Itulah yang dapat kami bagikan terkait cara setor tunai BSI tanpa kartu. Menyetor uang di BSI tanpa kartu memang sangat tidak memungkinkan karena pihak BSI belum menyediakan layanan untuk transaksi tersebut. Sehingga jika anda ingin setor uang ke BSI, anda bisa memilih antara dengan menggunakan ATM, atau melalui Bank/ teller dengan membawa buku tabungan. Dengan mengetahui bagaimana cara setor tunai di ATM BSI, anda dapat mengelola keuangan anda secara efisien.

Also Read