20+ Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Vaseline

sanrahtg23

Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Vaseline merupakan salah satu hal penting yang wajib kamu ketahui untuk mengatasi munculnya garis-garis beruntai pada bagian tertentu.

Vaseline termasuk produk yang sering digunakan untuk menghilangkan stretch mark karena mengandung pelembap yang tinggi sehingga sangat baik untuk emperbaiki elastisitas kulit dan mengurangi kekeringan.

Proses pengaplikasiannya yang mudah dan harganya yang tidak menguras kantong membuat banyak orang menggunakan produk ini. Namun penggunaan rutin menjadi kunci keberhasilan dari perawatan kulit rusak akibat stretch mark.

Sekilas Tentang Stretch Mark

Sekilas Tentang Stretch Mark
Sekilas Tentang Stretch Mark

Stretch Mark atau biasa dikenal dengan istilah striae merupakan penampakan garis-garis beruntai di permukaan kulit pada bagian tertentu.

Kelainan ini sering ditemukan, dapat mengenai semua usia dan wanita dua kali lebih sering mengalami stretch mark dibandingkan pria.

Umumnya, stretch mark ini terjadi pada kulit di bagian perut, pinggul, bokong, paha, dan payudara. Namun, seiring waktu garis yang timbul dapat tampak semakin samar jika dilakukan pengobatan.

Stretch mark ini biasanya muncul selama atau setelah kehamilan, serta mengalami perubahan berat badan secara drastis. Kondisi ini dimiliki oleh sekitar 90 persen orang.

Penanganan yang tepat bisa membantu stretch mark ini agar tampak lebih samar. Munculnya striae ini biasanya ditandai dengan rasa gatal pada bagian tertentu. Akan tetapi reaksi tersebut hanya dialami oleh beberapa orang saja.

Apakah Stretch Mark Bisa Hilang Sendiri Tanpa Harus Perawatan?

Sebelum mengulik lebih lanjut terkait cara menghilangkan stretch mark dengan vaseline, penting bagi kamu memahami apakah kondisi pada kulit kamu ini bisa hilang atau tidak.

Stretch mark atau nama lainnya striae adalah garis linear yang terlihat dan terbentuk akibat kerusakan pada dermis (lapisan dalam kulit) disebabkan regangan pada kulit.

Usaha untuk menghilangkan stretch mark sangat sulit untuk dilakukan karena pada dasarnya stretch mark terbentuk karena rusaknya elastisitas kulit, sehingga terbentuk garis-garis pada kulit.

Karena secara anatomi kulit sudah mengalami kerusakan, maka stretch mark  yang sudah terjadi tidak dapat dihilangkan 100%, namun hanya bisa diminimalisir dengan menggunakan krim secara teratur disertai dengan melakukan tindakan-tindakan medis.

Jadi cara menghilangkan stretch mark dengan vaseline ini tidak bisa sepenuhnya mengilangkan, tetapi meminimalisir atau menyamarkan kerusakan akibat stretch mark pada bagian kulit.

Penyebab Stretch Mark Muncul

Stretch Mark biasanya dialami orang yang kulitnya mengandung sedikit kolagen, yaitu protein yang membuat kulit menjadi lebih lentur. Kondisi ini umumnya muncul akibat ukuran tubuh bertambah lebih cepat dari pada perkembangan dan elastisitas kulit.

Dimana ketika kulit meregang dengan cepat, lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis, sehingga lapisan dibawahnya muncul ke permukaan. Jika hal tersebut terjadi, maka akan muncul garis atau guratan kemerahan yang terkadang disertai dengan rasa gatal.

Setelah itu perubahan kulit semakin lama akan berubah menjadi warna putih atau kelamu. Jadi kondisi inilah yang biasa disebut Stretch Mark.

Secara umum, berikut adalah beberapa kondisi yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami Stretch Mark :

  • Pningkatan berat badan secara drastis
  • Kehamilan
  • Warna kulit terlalu terang
  • Adanya riwayat keluarga dengan stretch mark.
  • Masa pubertas
  • Penggunaan obat-obatan kortikosteroid, seperti hidrokortison atau fluoconolone yang tidak tepat.
  • Gangguan kesehatan tertentu, seperti sindrom Marfan atau sindrom Cushing.

Apakah Stretch Mark Bisa Dihilangkan Menggunakan Vaseline?

Timbulnya stretch mark pada area permukaan kulit membuat banyak orang bertanya-tanya “apakah stretch mark bisa dihilangkan menggunakan vaseline?”.

Jawabannya stretch mark tidak bisa dihilangkan dengan vaseline apabila garis-garis beruntai di permukaan kulit sudah terlihat jelas. Meski menggunakan krim khusus untuk mengobati kondisi tersebut, namun stretch mark tidak bisa hilang begitu saja.

Cara menghilangkan stretch mark dengan vaseline ini bisa berhasil apabila garis-garis beruntai di kulit baru saja muncul dan garis tersebut hanya bisa disamarkan.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Vaseline

Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Vaseline
Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Vaseline

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa stretch mark muncul akibat beberapa hal, seperti pertumbuhan berat badan drastis dan kehamilan. Tak jarang orang merasa tidak nyaman dan kehilangan kepercayaan diri akibat efek yang ditimbulkan.

Sehingga dengan mengetahui cara menghilangkan stretch mark dengan vaseline, seseorang dapat merancang rutinitas perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari cara menghilangkan stretch mark dengan vaseline, berikut langkah tepat yang wajib kamu perhatikan agar stretch mark bisa tersamarkan.

1. Siapkan Vaseline Petroleum Jelly atau Vaseline Repairing Jelly

Langkah pertama, cara menghilangkan stretch mark dengan vaseline yaitu menyiapkan vaseline petroleum jelly atau vaseline repairing jelly. Kedua merek tersebut bisa kamu gunakan karena memiliki manfaat yang sama.

Vaseline petroleum jelly atau vaseline repairing jelly ini bisa kamu beli di toko produk kecantikan atau aplikasi online shop terpercaya seperti Shopee dan Tokopedia.

2. Bersihkan Area Stretch Mark

Bersihkan area stretch mark menggunakan kain bersih yang sudah direndam menggunakan air agar penggunaan lebih sempurna dan terhindar dari bakteri yang menempel.

Pastikan kamu juga sudah mencuci tangan terlebih dahulu agar cara menghilangkan stretch mark dengan vaseline lebih steril.

3. Oleskan Vaseline Merata

Selanjutnya, aplikasikan vaseline keseluruh bagian kulit yang menimbulkan kondisi stretch mark dengan cara mengoleskan secara menyeluruh dan merata. Kamu bisa memastikan seluruh bagian tersebut sudah diaplikasikan keseluruhan agar stretch mark bisa tersamarkan secepatnya.

4. Tunggu Hingga Meresap

Setelah vaseline sudah diaplikasikan keseluruh bagian stretch mark, silahkan tunggu 3-5 menit hingga vaseline menyerap dengan sempurna ke permukaan kulit. Hindari menutup permukaan stretch mark menggunakan baju atau celana apabila vaseline belum meresap ke permukaan kulit.

5. Ulangi Pemakaian

Agar stretch mark tersamarkan dan cara menghilangkan stretch mark dengan vaseline ini berhasil dilakukan. Sebaiknya gunakan vaseline secara rutin setiap hari sebelum tidur agar tidak mengganggu aktivitas setiap harinya.

Karena semakin sering kamu mengaplikasikan produk ini, maka akan semakin cepat stretch mark terebut tersamarkan.

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Pengobatan Lainnya

Sebenarnya cara menghilangkan stretch mark dengan vaseline ini membutuhkan waktu yang lama, karena kandungan dan bahan yang terdapat di dalamnya tidak secara khusus untuk menghilangkan kondisi tersebut.

Stretch mark juga kondisi umum yang tidak selalu dapat dicegah. Meski cara menghilangkan stretch mark dengan vaseline ini bisa dilakukan, namun ada beberapa cara menyamarkan stretch mark yang bisa kamu terapkan.

Retinoid

Retinoid adalah jenis vitamin A yang dihasilkan dari produk hewani. Senyawa kimia telah banyak dimanfaatkan sebagai krim perawatan kulit. Retinoid ini juga diklaim mampu membantu memperkecil ukuran stretch mark yang baru saja muncul.

Akan tetapi perlu hati-hati untuk menggunakan krim berbahan tetinoid ini karena mengandung senyawa dapat memicu terjadinya iritasi kulit.

Lidah Buaya

Lidah Buaya 
Lidah Buaya

Gel lidah biaya juga diklaim mampu menyamarkan stretch mark yang baru saja muncul dengan cara dioleskan secara langsung agar menenangkan dan melembabkan permukaan kulit.

Gel lidah buaya ini bisa digunakan setiap hari karena tidak mengandung bahan berbahaya yang dapat menimbulkan iritasi.

Hyaluronic Acid

Jika cara menghilangkan stretch mark dengan vaseline tidak memberikan perubahan, kamu bisa menggunakan hyalurinic acid untuk menyamarkan area kulit yang menimbulkan garis-garis beruntai di permukaan kulit.

Mengontrol Berat Badan

Stretch mark bisa muncul saat hamil dan mengalami peningkatan berat badan secara drastis. Oleh sebab itu, menjaga berat badan agar tetap stabil solusi tepat untuk menyamarkan garis-garis beruntai di permukaan kulit.

Untuk menjaga berat badan selama hamil maupun dan peningkatan berat badan drastis lainnya, kamu bisa melakukan olahraga ringan dan konsumsi asupan sehat bergizi seimbang.

Terapi Laser

Dikutip dari hasil penelitian Journal of Cutaneous Aesthetic Surgery, terapi laser bisa digunakan untuk memudarkan stretch mark apabila tretch mark apabila cara menghilangkan stretch mark dengan vaseline tidak berhasil dilakukan.

Dimana terapi laser ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen (protein yang mendukung elastisitas kulit). Dengan begitu,, bekas guratan jadi tersamarkan dan terlihat menyatu dengan kulit sekitarnya.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Menggunakan Bahan Alami

Apilala cara menghilangkan stretch mark dengan vaseline diatas tidak memberikan efek meski sudah digunakan setiap hari dalam waktu 6 bulan, ada bahan alami lain yang bisa kamu manfaatkan untuk menyamarkan bekas stretch mark tersebut.

Berikut adalah beberapa perawatan alami yang dapat menyamarkan stretch mark pada kulit, yakni diantaranya :

  • Minyak Zaitun
  • Baby Oil
  • Lemon
  • Asam hialuronat
  • Alpha bisabolol
  • Niacinamide
  • Kunyit
  • Body Lotion

Bagaimana Cara Mencegah Timbulnya Stretch Mark?

Salah satu cara untuk meminimalkan kemungkinan timbulnya stretch mark adalah dengan menjaga berat badan agar tetap stabil dan tidak mengalami peningkatan.

Selama kehamilan dan pertambahan berat badan, selalu jaga pola makan dan mengkonsumsi makanan yang tidak tinggi lemak.

Selain itu, minum air dengan cukup dapat membantu menjaga kelembapan dan kelenturan kulit. Karena kulit yang terhidrasi dengan baik memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami stretch mark dari pada kulit kering.

Kurangi juga mengkonsumsi minuman berkafein, seperti kopi, karena dapat meningkatkan risiko munculnya stretch mark. Apabila merasa kesulitan mengurangi asupan kafein, pastikan kamu menyeimbangkan dengan minum cairan bebas kafein.

Berapa Lama Memudarkan Stretch Mark Menggunakan Vaseline?

Menurut dr. Devia Irine Putri, dengan menggunakan sejumlah prosuk perawatan seperti Vaseline atau minyak zaitun, stretch mark ini bisa hilang seiring waktu dengan pemakaian rutin setiap harinya.

Berapa Lama Memudarkan Stretch Mark Menggunakan Vaseline
Berapa Lama Memudarkan Stretch Mark Menggunakan Vaseline

Umumnya, perawatan stretch mark sendiri rata-rata sekitar 6 bulan hingga 1 tahun agar guratan atau garis-garis yang muncul di bagian tertentu bisa memudar perlahan.

Dengan melakukan perawatan tambahan biasanya juga bisa membantu proses pemudaran stretch mark menjadi lebih cepat. Ada dua jenis perawatan yang bisa kamu pilih untuk menghilangkan stretch mark, yaitu menggunakan bahan alami (vaseline) atau dengan bantuan perawatan medis.

Artikel Menarik Lainnya : Biaya Laser Untuk Menghilangkan Bekas Luka Di Kaki Terbaru 

Kesimpulan

Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Vaseline
Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Vaseline

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa vaseline tidak dapat menghilangkan stretch mark yang muncul di area permukaan kulit sepenuhnya.

Meski demikian, kamu bisa memanfaatkan produk tersebut untuk membantu menyamarkannya. Agar memaksimalkan penggunaan, kamu bisa mengikuti langkah cara menghilangkan stretch mark dengan vaseline diatas.

Selalu jaga keseimbangan berat badan dan hindari mengkonsumsi makanan yang dapat menimbulkan stretch mark dan merusak elastisitas kulit.

Also Read

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay