Apakah Bisa Isi Token Listrik Sebelum Habis? Ini Penjelasannya!

sanrahtg23

Sebagai pengguna listrik prabayar, Apakah Bisa Isi Token Listrik Sebelum Habis akan menjadi pertanyaan bagi kalian untuk memastikan kebutuhan listrik ketika ingin berpergian.

Sistem listrik prabayar memudahkan setiap pengguna untuk mengontrol penggunaan listrik secara langsung. Dimana pelanggan bisa memperkirakan waktu listrik akan habis atau justru mengisi kembali.

Sekilas Tentang Token Listrik

Token listrik merupakan 20 digit angka yang dimasukkan ke meteran listrik dan bentuk prabayar untuk pembelian listrik yang digunakan pada sistem prabayar.

Sistem prabayar listrik memungkinkan pengguna untuk membeli pulsa listrik terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Saat listrik difungsikan, jumlah listrik yang digunakan akan terus berkurang hingga habis.

Jika token listrik sudah habis, maka pengguna harus mengisi ulang kembali token tersebut melalui outlet jual token listrik, lewat aplikasi pihak ketiga dengan sistem pembayaran yang bervariasi.

Perbedaan Listrik PLN Pascabayar dan Prabayar

listrik pascabayar dan prabayar merupakan dua sistem pembayaran berbeda dalam menyediakan layanan listrik pada pelanggan.

Dimana listrik pascabayar memungkinkan pengguna untuk mengonsumsi listrik terleih dahulu dan membayar tagihan bulannya setelah tanggal jatuh tempo pembayaran.

Sistem ini memberikan kebebasan terhadap pengguna untuk menggunakan listrik sesuai kebutuhan tanpa harus memikirkan saldo listrik.

Sedangkan listrik prabayar mengharuskan pelanggan untuk membeli saldo atau pulsa listrik sebelum menggunakannya. Pengguna memiliki kendali langsung atas penggunaan listrik dan dapat mengontrol konsumsi sesuai dengan saldo yang dimiliki.

Sistem prabayar sering menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin mengelola anggaran dan mencegah adanya kejutan dalam tagihan tagihan diwaktu yang mendatang.

Cara Isi Ulang Token Listrik

Sebelum mengulik lebih lanjut terkait apakah bisa isi token listrik sebelum habis, penting bagi kamu untuk memahami cara isi ulang token listik prabayar ini.

Bagi pengguna baru listrik prabayar kemungkinan ada yang belum memahami bagaimana caranya. Sebenarnya sistem isi ulang token listrik ini sangat sederhana, berikut adalah langkah-langkah caranya :

  • Siapkan ID Pelanggan / Nomor Meteran serta uang tunai sesuai dengan nominal token yang akan diisi.
  • Cari gerai atau agen resmi PLN terdekat khsus jual token listrik.
  • Berikan ID Pelanggan / Nomor Meteran kepada pelayan toko.
  • Sampaikan pada mereka berapa jumlah token yang ingin diisi ke dalam nomor meteran tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga pelayan toko menyelesaikan proses transaksi dan memberikan ID Pelanggan baru.
  • Masukkan ID pelanggan baru tersebut kedalam meteran listrik rumah kamu.
  • Secara otomatis, token listrik akan bertambah.
  • Cek jumlah saldo listrik prabayar apakah sudah bertambah atau tidak.

Apakah Bisa Isi Token Listrik Sebelum Habis?

Membeli token listrik salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari di dalam rumah. Tetapi belakangan ini sering muncul pertanyaan mengenai apakah bisa isi token listrik sebelum habis.

Jadi apakah bisa isi token listrik sebelum habis? Jawabannya tidak ada batasan maksimum untuk jumlah transaksi pembelian token listrik per hari meski token listrik yang dimiliki belum habis.

Apakah Bisa Isi Token Listrik Sebelum Habis
Apakah Bisa Isi Token Listrik Sebelum Habis

Namun perlu dicatat, meski apakah bisa isi token listrik sebelum habis tidak ada batasan, tetapi mengisi token listrik terlalu sering atau terlalu banyak dalam satu waktu dapat menyebabkan pemborosan energi listrik dan biaya yang tidak diperlukan.

Untuk itu, ada baiknya untuk memperhatikan penggunaan energi listrik di rumah dan mengisi token listrik sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan keuangan yang dimiliki.

Nah, agar token listrik yang baru saja diisi ulang tidak cepat habis, pastikan hanya memanfaatkan teknologi dan perangkat hemat energi untuk menghemat penggunaan energi listrik rumah seperti mematikan perangkat elektroni yang tidak digunakan.

Nominal Pembelian Token Listrik

Dalam pengisian token listrik terdapat nominal pembelian yang telah ditentukan langsung dari pihak PLN. Sistem ini diterapkan untuk memudahkan setiap pelanggan listrik prabayar.

Selain apakah bisa isi token listrik sebelum habis, kamu juga tidak perlu untuk mempertanyakan lagi nominal pembelian pembelian token listrik kepada petugas PLN berdasarkan jumlah kWh.

Berikut adalah nominal pengisian token listrik lengkap dengan jumlah kWh yang bisa kamu perhatikan sebelum melakukan isi ulang saldo token listrik.

Nominal Token Listrik Jumlah kWh
20.000 13,2 kWh
50.000 33,1 kWh
100.000 66,2 kWh
250.000 132,3 kWh
500.000 328,9 kWh
1.000.000 659,7 kWh

Penyebab Token Listrik Gagal Dimasukkan

Penyebab Token Listrik Gagal Dimasukkan
Penyebab Token Listrik Gagal Dimasukkan

Masalah yang kerap dialami pengguna listrik prabayar adalah gagal berulang, sehingga sering muncul pertanyaan apakah bisa isi token listrik sebelum habis.

Hal ini umumnya disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kode token yang salah. Untuk mengetahui apa saja faktor penyeb lainnya, perhatikan deskripsi pada tabel dibawah ini.

1. Kesalahan Input

Apakah bisa isi token listrik sebelum habis menjadi pertanyaan yang sering terdengar akibat terjadinya kegagalan saat menginput kode token ke meteran. Untuk itu, saat menginput, pastikan kode yang dimasukkan tidak ada yang salah.

2. Kesalahan Sistem

Gangguan atau kesalahan pada sistem pembayaran atau server penyedia listrik dapat menyebabkan kegagalan pengisian token listrik. Jika hal ini sedang berlangsung, satu-satunya cara yang bisa dilakukan yaitu menunggu hingga petugas PLN melakukan perbaikan.

3. Meteran Listrik Rusak

Faktor lain yang menyebabkan token listrik gagal dimasukkan berulang kali, yaitu meteran listrik yang digunakan rusak. Jika meteran listrik rusak atau mengalami kerusakan, kemungkinan besar meteran tersebut tidak dapat membaca kode token listrik yang telah di input sehingga gagal.

4. Kode Token Sudah Digunakan

Umumhya, kode token listrik bersifat sekali pakai atau satu kali gunakan. Setelah kode token dimasukkan atau digunakan untuk mengisi kredit listrik, maka kode token itu tidak akan bisa digunakan kembali.

Karena sistem akan mengenali kode tersebut sebagai kode yang sudah pernah digunakan dan tidak akan memproses kembali. Hal ini untuk mencegah praktik penyalahgunaan dan memastikan setiap pembelian token mencerminkan transaksi yang sah.

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Masuk ke Meteran

Jika terjadi kegagalan berulang setelah menginput kode token sehingga muncul pertanyaan apakah bisa isi token listrik sebelum habis, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi token listrik gagal masuk ke meteran, yakni diantaranya :

  • Beli Token Listrik di Tempat Terpercaya – Sekarang ini sudah banyak merchant yang menyediakan layanan pembelian token listrik. Namun, pastikan membeli di tempat terpercaya seperti di aplikasi Mocipay.
  • Reset Meteran Listrik – Reset meteran dengan menekan angka 00 dan klik enter. Tunggu beberapa saat hingga meteran memproses, setelah itu masukkan nomor token kembali.
  • Cek Kembali Nomor ID / Token Listrik – Pastikan kembali nomor UD meteran yang diinput sudah benar dan sesuaikan dengan nama pelanggan yang muncul. Lakukan hal ini dengan perlahan.
  • Hubungi Layanan Pelanggan PLN – Jika masalah masih berlanjut, alternatif terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu menghubungi pihak PLN secara langsung melalui alternatif dibawah ini.
  1. Call Center : 123
  2. Twitter : @pln_123
  3. Email : [email protected]
  4. Website : pln.co.id
  5. Aplikasi : PLN Mobile

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap apakah bisa isi token listrik sebelum habis dan cara mengatasi faktor penyebab kegagalan berulang, kamu bisa mendatangi langsung kantor cabang PLN terdekat yang ada disekitar tempat kamu berada.

Rekomendasi Tempat Jual Token Listrik Murah dan Terpercaya

Rekomendasi Tempat Jual Token Listrik Murah dan Terpercaya
Rekomendasi Tempat Jual Token Listrik Murah dan Terpercaya

Untuk memudahkan kegiatan kamu, sekarang ini sudah banyak aplikasi pihak ketiga terpercaya yang menyediakan layanan penjualan token listrik dengan harga termurah.

Salah satu aplikasi terpercaya yang bisa kamu manfaatkan adalah Mocipay. Platform ini sangat dikenali karena berbagai produk dapat kamu temukan di dalamnya termasuk token listrik.

Selain itu, metode pembayaran yang disediakan juga cukup bervariasi sehingga kamu bisa memilih pembayaran mana yang akan digunakan.

Cara Membeli Token Listrik di Aplikasi Mocipay

Apabila ingin membeli dan berlangganan token listrik di aplikasi Mocipay, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini selengkapnya.

  • Install atau Unduh aplikasi Mocipay lewat play Store di perangkat.
  • Daftarkan akun.
  • Setelah berhasil, buka aplikasi Mocipay.
  • Di halaman utama, pilih opsi menu PLN.
  • Pilih PLN Prabayar.
  • Masukkan ID Pelanggan / Nomor Meteran dan pilih nominal token.
  • Klik Beli dan Beli Sekarang.
  • Konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN aplikasi.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul Nomor Seri Token Listrik baru.
  • Masukkan nomor token baru ke meteran listrik.

Postingan Menarik Lainnya : Cara Setting Alarm Token Listrik Semua Merek Agar Tidak Bising

Akhir Kata

Apakah Bisa Isi Token Listrik Sebelum Habis
Apakah Bisa Isi Token Listrik Sebelum Habis

Dari pembahasan apakah bisa isi token listrik sebelum habis diatas dapat disimpulkan bahwa, sampai saat ini tidak ada batasan untuk pengisian token listrik. Artinya apakah bisa isi token listrik sebelum habis bisa melakukan isi ulang meski saldo token belum habis atau masih banyak.

Namun penting untuk diingat, meski apakah bisa isi token listrik sebelum habis tidak ada batasan, tetapi mengisi token listrik terlalu sering atau terlalu banyak dalam satu waktu dapat menyebabkan pemborosan energi listrik dan biaya yang tidak diperlukan.

Also Read