Cara Menagih Hutang Lewat WhatsApp Agar Dibayar Terbaru 2024

Trio Saputra

Teknoin – sedikit orang yang bingung terkait cara menagih hutang lewat WhatsApp. Hal ini karena orang kerap merasa canggung jika menagih hutang langsung bertemu si peminjam.

Namun, kini Anda bisa menagih dari chat di aplikasi WA. Walaupun cuma melalui pesan instan, Anda perlu memperhatikan apa isi pesan yang diketik.

Hal ini agar tidak sampai menyinggung atau mengeluarkan kata-kata yang kurang berkenan

Cara Menagih Hutang Lewat WhatsApp Trik Terbaru

Kini Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara menagih hutang kepada orang yang susah bayar termasuk cara menagih hutang ke saudara maupun teman diantaranya:

1. Memastikan Nomor WA Orang yang Bersangkutan

Sebelum Anda mulai menagih mereka yang memiliki hutang, pertama Anda harus sudah mempunyai nomor WA yang dimiliki. Kalau belum ada, maka harus mencari tahu dapat melalui teman maupun saudaranya.

Sesudah memperoleh nomor orang yang dimaksud, Anda bisa menyimpan pada kontak. Lalu memastikan jika nomor WA itu masih aktif supaya proses menagih hutang tidak terhalang.

Baca Juga : Cara Keluar Dari Whatsapp Web Tanpa Diketahui di HP dan Laptop

2. Menagih dengan Cara yang Sopan

Anda perlu melakukan cara menagih hutang yang sopan. ketikan akad utang piutang, umumnya kedua belah pihak akan melakukan persetujuan dalam perjanjian dengan tertib.

Oleh karena itu itu, akan lebih baik jika Anda menagih hutang juga dengan cara yang baik dan sopan. Kalau Anda melakukan kontak via chat WA, maka jangan sampai bersikap kaku.

Mulailah membuka obrolan dengan mengeluarkan basa-basi bisa dengan menanyakan kabar dan kesehatan. Jika penting, Anda bisa menambahkan emoji maupun stiker untuk mencairkan suasana.

3. Memberikan Tambahan Tenggat Waktu

Cara menagih hutang lewat WhatsApp berikutnya yaitu dengan memberikan tambahan waktu pembayaran. Hal ini jika orang tersebut bisa memberikan alasan jelas dan kuat.

Contohnya pada awal bulan yakni sebelum gajian maka dimana belum mempunyai pemasukan. Akan tetapi, Anda wajib memberikan batasan jumlah serta jangka waktu yang jelas.

4. Menjelaskan Bahwa Anda Sangat Memerlukannya

Tidak sedikit orang yang menganggap remeh hutang karena merasa pemilik uang mungkin tidak sedang membutuhkannya. Oleh karena itu Anda bisa coba menceritakan dengan jujur bahwa Anda sedang membutuhkannya.

Bisa dengan alasan untuk membeli sesuatu maupun yang lainnya. Makan orang tersebut akan merasa terdesak dan bersalah dan terpaksa membayar hutang pada saat itu juga.

5. Memberikan Kesempatan untuk Mencicil

Kalau nominal utang yang ada cukup besar, maka Anda bisa memikirkan untuk memberikan pilihan untuk mencicil. Bukan hanya menetapkan besaran uang, Anda dapat juga menambahkan batasan waktu dengan persetujuan kedua belah pihak.

Contohnya, wajib melakukan pada tiap tanggal 25 di tiap bulannya. Cara menagih hutang lewat WhatsApp yang satu ini tentunya tidak akan terlalu memberatkan baginya.

6. Melakukan Tindakan Tegas untuk Pelaku Gaslighting

Gaslighting adalah teknik manipulasi psikologis dimana mereka yang pelaku bertindak seakan menjadi korban. Tidak sedikit orang yang memiliki hutang justru merasa tertekan di tengah masyarakat. Mereka biasanya memiliki sifat narsistik ekstrem.

Apabila harus mengatasi orang berhutang dengan tipe tersebut. Maka Anda dapat menekan harga dirinya. Karena, kelompok manusia ini umumnya haus pujian.

Contohnya, menggunakan kalimat, “katanya sering berlibur ke luar negeri? Apalah aku hanya anak rumahan, nggak bisa seperti kamu”.

Hal yang perlu diperhatikan saat menagih hutang lewat WA

Hal yang Perlu Diperhatikan Penjelasan
Santun dan Hormat Pertahankan komunikasi dengan santun dan hormat. Hindari penggunaan bahasa kasar atau ancaman yang tidak perlu.
Verifikasi Identitas Pastikan Anda berkomunikasi dengan orang yang berhutang sebenarnya. Verifikasi identitas dengan pertanyaan keamanan atau data pribadi yang hanya diketahui oleh pihak berhutang. Ini penting untuk menghindari penipuan.
Tentukan Waktu yang Tepat Pilih waktu yang tepat untuk mengirim pesan. Hindari mengirim pesan di tengah malam atau di waktu yang tidak sesuai.
Jelaskan dengan Jelas Jelaskan dengan jelas jumlah hutang, jatuh tempo pembayaran, dan rincian lainnya. Pastikan pesan Anda mudah dimengerti.
Bersikap Sabar Berikan waktu kepada pihak berhutang untuk merespons. Terkadang, mereka mungkin memerlukan waktu untuk mengumpulkan dana atau menyelesaikan masalah keuangan mereka.

Baca Juga : Cara Share Link Whatsapp Grub, Chat dan Status Dengan Mudah

Akhir Kata

Cara Menagih Hutang Lewat WhatsApp
Cara Menagih Hutang Lewat WhatsApp

Penting sekali untuk memastikan bagaimana karakter orang yang mau Anda berikan bantuan uang agar tidak mengalami kesulitan untuk menagih. Anda bisa menggunakan beberapa cara menagih hutang lewat WhatsApp di atas.


Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan Berita Teknologi dan Gadget terbaru serta terupdate.

Also Read