Bagaimana Jika Tagihan Lazada Paylater Tidak Dibayar? Ini 5 Risiko yang Wajib Diketahui!

Rohma Dearni

Bagaimana jika tagihan lazada paylater tidak dibayar? Pertanyaan ini seringkali dilontarkan para pengguna Lazada yang memanfaatkan paylater untuk berbelanja. Adakah imbas serius jika membiarkan tagihan melewati tanggal jatuh tempo? tentu saja!

Untuk mengetahui lebih terperinci bagaimana jika tagihan lazada paylater tidak dibayar, simak dan pahami di halaman ini.

Sekilas Tentang Lazada Paylater

Untuk membahas bagaimana jika tagihan lazada paylater tidak dibayar, perlu memahami apa itu lazada paylater dan fiturnya. Dengan informasi tersebut, kamu lebih mudah memahami tagihan, tanggal jatuh tempo dan konsekuensi yang akan kita bahas kemudian.

Sekilas tentang Lazada paylater
Sekilas tentang Lazada paylater

Lazada paylater merupakan metode pembayaran dari Lazada yang memungkinkan kita membeli barang dan dibayar di akhir. Layanan ini merupakan kerjasama antara Lazada dengan berbagai fintech di Indonesia, salah satunya adalah Kredivo.

Dengan adanya Lazada Paylater maka pengguna lazada tidak perlu khawatir saat ingin membeli, jika memiliki limit transaksi maka mereka dapat berbelanja kapan saja dengan menukarkan limit sesuai dengan total pembelian.

Hal-hal yang Berkaitan dengan Lazada Paylater

Sebagai salah satu pengguna yang mencari jawaban bagaimana jika tagihan lazada paylater tidak dibayar, perlu kamu ketahui beberapa hal yang erat kaitannya dengan paylater Lazada. Ketika menggunakan layanan ini, perhatikan kelima hal dibawah.

  • Limit Transaksi

Limit transaksi adalah batasan jumlah uang atau nilai transaksi yang dapat dilakukan pengguna lazada paylater. Jadi, kamu dapat memaksimalkan belanja online sesuai nilai limit yang diterima. Total limit yang diberikan juga berbeda-beda, hal ini akan dipertimbangkan sesuai transaksi sebelumnya yang kamu lakukan di Lazada.

Setelah aktivasi Lazpaylater, pengguna akan menerima limit mulai dari 750 ribu hingga 2,5 juta. Meskipun nilai limit yang diterima cukup kecil, tidak perlu khawatir sebab lazada menjanjikan kenaikan limit jika senantiasa berbelanja dengan metode ini.

  • Tenor Pembayaran

Mereka yang menggunakan lazada paylater dapat membayar tagihan dalam 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Jadi total pembelian dan bunga akan dibayarkan sesuai tenor yang kamu pilih, semakin lama tenor pelunasan maka semakin tinggi juga bunga yang harus kamu bayarkan.

  • Bunga

Lazada paylater layanan yang menguntungkan kedua belah pihak, yakni pengguna dan lazada sebagai penyelenggara. Kamu bisa berbelanja tanpa membayar saa itu juga dengan layanan ini, sedangkan lazada memperoleh keuntungan melalui persentase bunga sebesar 2.95% dari nilai pembelian.

  • Tanggal Jatuh Tempo

Adapula tanggal jatuh tempo dalam sistem pembayaran, yang berarti batas waktu pembayaran yang harus diikuti pengguna sebelum dibebankan denda keterlambatan. Biaya keterlambatan yang dikenakan sebesar 0,3% dari tagihan yang sudah jatuh tempo.

  • Biaya Layanan

Apakah lazada paylater membebankan biaya layanan bagi penggunanya? Jawabannya adalah iya. Lazada membebankan biaya layanan sebesar 1% dari pembelian, jika membelanjakan produk seharga Rp200.000, kamu akan membayar Rp2.000 sebagai biaya layanan.

Bagaimana Jika Tagihan Lazada Paylater tidak dibayar?

Bagaimana jika tagihan lazada paylater tidak dibayar
Bagaimana jika tagihan lazada paylater tidak dibayar

Bagaimana jika tagihan lazada paylater tidak dibayar? Hal ini mungkin terlintas di pikiran kamu yang menggunakan Lazada paylater untuk menopang kebutuhan hidup sehari-hari. Bagaimana jika saya menunda atau tidak membayar sama sekali?

Perlu diketahui Lazada akan menindak lanjuti pengguna yang tidak taat syarat dan ketentuan saat menggunakan layanan paylater, seperti tidak membayar tagihan tepat waktu atau tidak ingin membayar hutang yang mereka buat sama sekali.

Berikut beberapa konsekuensi terkait bagaimana jika tagihan lazada paylater tidak dibayar.

1. Dikenakan Biaya Keterlembatan

Salah satu konsekuensi jika tidak membayar tagihan lazada paylater yaitu biaya keterlambatan. Besarnya biaya keterlambatan yang dikenakan senilai 0,3% dari total tagihan yang sudah melewati tanggal jatuh tempo.

Meskipun kelihatan kecil, ketahuilah nilai denda berlaku per hari. Jika kamu menunggak tagihan untuk nominal yang besar dan dalam waktu yang cukup lama, tentu biaya yang dibayarkan lebih banyak juga. Dalam hal ini kamu wajib membayar tagihan yang meliputi bunga, biaya layanan dan biaya keterlambatan.

2. Skor Kredit Menjadi Turun

Skor Kredit Menjadi Turun
Skor Kredit Menjadi Turun

Skor kredit merupakan angka yang mempresentasikan kemampuan seseorang dalam membayar tagihan tepat waktu. Bagaimana jika tagihan lazada paylater tidak dibayar? Bersiaplah menghadapi resiko perbankan dengan penurunan skor kredit.

Jika tidak mampu membayar tagihan tepat waktu, lembaga kredit akan memberikan penilaian negatif yang memicu penurunan skor kredit. Oleh karena itu, penting meninjau ulang kemampuan membayar sebelum membuat transaksi di Lazada.

3. Layanan Paylater akan Ditutup

Layanan paylater akan ditutup salah satu konsekuensi jika tidak membayar tagihan paylater. Layanan ini akan dibekukan sementara sampai kamu membayar tagihan, dengan kata lain pengguna tidak bisa bertransaksi dengan lazada paylater sampai cicilan terbayarkan.

Untuk jangka panjang, layanan paylater akan ditutup permanen jika anda tak kunjung membayar tagihan. Jika anda melunasi tagihan dan ingin kembali menggunakan paylater lazada, fitur hanya dapat diaktifkan melalui customer service dan akan dipertimbangkan dahulu.

4. Masuk ke Dalam Blacklist Slik OJK

Bagaimana jika tagihan lazada paylater tidak dibayar? Identitas peminjam akan masuk kedalam daftar blacklist OJK. SLIK OJK adalah layanan yang memuat riwayat kredit serta penilaian perilaku debitur dalam melunasi kredit nya.

Pada tahap awal, skor kredit peminjam akan turun apabia cicilan tagihan belum dibayar sesuai tanggal jatuh tempo. Jika peminjam tidak melunasi hutang mereka akan diblacklist SLIK OJK, untuk ke depan nya tidak bisa mengakses pinjaman atau kredit di lembaga keuangan yang diawasi OJK.

5. Penagihan Intens

Salah satu konsekuensi bagi peminjam yang tidak melunasi hutang ialah penagihan secara intens. Jika berpikir hutang dilupakan maka kamu salah, sebab Lazada mengambil langkah-langkah penagihan yang lebih aktif melalui telepon, penagihan secara langsung melalui DC bahkan mengajukan tuntutan hukum.

Jadi terjawab sudah bagaimana jika tagihan lazada paylater tidak dibayar. Sebaiknya perhatikan riwayat kredit dan jangan sampai telat atau berniat melupakan cicilan lazada paylater kamu, sebab akan dikenakan denda dan sanksi-sanksi yang menyulitkan kamu mengakses pinjaman di masa mendatang.

Bacaan menarik untuk anda 6 Cara Mengatasi Lazada Paylater Tidak Tersedia Untuk Order Ini

Cara Membayar Tagihan Lazada Paylater

Cara Membayar Tagihan Lazada Paylater
Cara Membayar Tagihan Lazada Paylater

Setelah mengetahui jawaban bagaimana jika tagihan lazada paylater tidak dibayar, tentu perlu kamu lakukan upaya mengantisipasi risiko-risiko jika telat atau tidak membayar tagihan. Lalu bagaimana cara membayar tagihan lazada paylater? ternyata cukup mudah, lakukan dengan cara berikut.

  1. Buka aplikasi Lazada di ponsel kamu
  2. Setelah itu masuk ke menu “akun” di pojok kiri bawah
  3. Gulir dan temukan Lazada credit, klik pada lazada paylater
  4. Klik bayar sekarang di halaman lazpaylater
  5. Tekan lanjutkan lalu pilih metode pembayaran
  6. Selesaikan pembayaran sesuai metode yang kamu gunakan, jika sudah selesai silahkan pergi ke halaman Lazada paylater maka notifikasi sukses akan muncul lalu kamu akan menerima penambahan limit transaksi.

Tips Aman Transaksi Menggunakan Lazada Paylater

Untuk menghindari berbagai masalah saat menggunakan lazada paylater, perlu menggunakan layanan dan limit dengan cerdas. Sebelum menggunakan lazada paylater, pertimbangkan beberapa hal berikut.

Tips Deskripsi
Perhatikan syarat dan ketentuan Sebagai layanan paylater, lazada juga membebankan bunga, biaya layanan dan denda keterlambatan sebagai sanksi bagi pengguna yang tidak tertib membayar tagihan. Agar tidak terkejut dengan biaya yang harus dibayarkan, penting memahami syarat sebelum menggunakan.
Pahami kemampuan membayar Untuk mencegah hutang berlebihan, pahami kemampuan membayar sebelum menggunakan layanan paylater. Ini mencakup penghasilan yang diterima dan dikeluarkan untuk membayar paylater.
Kendalikan jiwa konsumtif Penting mengendalikan jiwa kosumtif saat menggunakan layanan ini, karena tidak sedikit menggunakan layanannya untuk memenuhi gaya hidup, seperti membelanjakan barang yang tidak perlu alhasil menimbulkan hutang berlebihan.
Gunakan untuk kebutuhan Sebelum menggunakan lazada paylater, pertimbangkan apakah pembelian tersebut merupakan kebutuhan atau keinginan yang dapat ditunda. Sebaiknya gunakan paylater untuk kebutuhan sehari-hari untuk mencegah penimbunan hutang.

Penutup

Bagaimana Jika Tagihan Lazada Paylater Tidak Dibayar?
Bagaimana Jika Tagihan Lazada Paylater Tidak Dibayar?

Kini terjawab sudah bagaimana jika tagihan lazada paylater tidak dibayar pengguna. Mereka yang tidak menepati perjanjian di awal saat menggunakan layanan ini dikenakan sanksi-sanksi yang dapat mempersulit mengakses pinjaman di masa mendatang.

Oleh karena itu kelola akun paylater dengan bijak, gunakan limit untuk memenuhi kebutuhan agar tidak menimbun hutang di luar kemampuan membayar anda. Semoga bermanfaat!

Also Read